Menikah Lebih Baik Dibandingkan dengan Jomblo | Breaktime
Dari Sisi Medis, Menikah Lebih Baik Dibandingkan Single Apalagi Jomblo
18.11.2015

Di negara-negara Barat, status pernikahan bukanlah hal yang penting. Tinggal bersama pasangan dalam satu rumah bukanlah hal yang dipermasalahkan dan dianggap menjadi hak seseorang. Namun tentu saja hal itu tidak bisa dilakukan di Inonesia yang masih menjunjung tinggi adat ketimuran.

Setiap orang memiliki pilihan hidup sendiri-sendiri. Ada yang masih ingin bebas, tak terikat dengan segala sesuatu yang ada dalam pernikahan serta masih ingin meraih karir lebih tinggi, ada pula yang  menikah karena faktor tuntutan agama, keinginan orang tua, status sosial sampai dengan memang sudah siap dan waktunya untuk menikah.

Akan tetapi dilihat dari sudut pandang medis, manakah yang lebih menyehatkan, being single or married?

Kesehatan jantung

Menikah Lebih Baik Dibandingkan dengan Jomblo | Breaktime
Tidak hanya jantung, emosi, mental sampai dengan tekanan darah pun akan turun ketika menikah

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para pakar dari Lagone Medical Center, New York University, terungkap bahwa pria atau wanita yang menikah akan berisiko 5%  lebih rendah terserang penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular.

Walaupun para peneliti belum dapat menemukan alasan kenapa hal tersebut terjadi, akan tetapi mereka meyakini bahwa ketika menikah secara mental, emosi dan intelektual dapat membuat tekanan darah menjadi rendah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Akan tetapi, menurut penelitian sejenis yang dilakukan oleh para peneliti dari Michigan State University menyebutkan bahwa pasangan menikah yang kualitas pernikahannya jelek, justru akan memiliki masalah yang berkaitan dengan kardiovaskular.

Kesehatan mental

Menikah Lebih Baik Dibandingkan dengan Jomblo | Breaktime
Orang yang memilih single, walaupun bebas akan tetapi lebih rentan stres

Seorang profesor sosiologi dari Wake Forest University bernama Robin Simon mengungkapkan bahwa durasi pernikahan yang lama dapat membuat kesehatan mental seseorang akan meningkat dan bagus. Menurutnya, hal tersebut disebabkan karena orang yang sudah menikah dan memiliki durasi pernikahan yang lama, maka lebih sedikit terkena depresi.

Berat badan meningkat

Menikah Lebih Baik Dibandingkan dengan Jomblo | Breaktime
Hal ini disebabkan rasa bahagia dan nyaman bersama pasangan

Walaupun tidak dapat dipukul rata, semua sama, akan tetapi mayoritas orang yang sudah menikah akan mengalami peningkatan berat badan. Bahkan menurut beberapa penelitian, 25% pria yang sudah menikah akan menjadi gemuk dibandingkan dengan pria yang belum menikah. Hal ini disebabkan karena ada rasa nyaman dan bahagia bersama dengan orang yang dicintainya.

Lebih panjang umur

Menikah Lebih Baik Dibandingkan dengan Jomblo | Breaktime
Karena kesehatan meningkat, otomatis serangan penyakit juga menurun

Menikah dapat membuat seseorang lebih panjang umur? Terdengar aneh, bukan? Akan tetapi benar, lho, B’timers, menikah dapat membuat seseorang lebih panjang umur. Hal ini disebabkan karena seseorang yang telah menikah, maka memiliki tujuan hidup yang pasti, yaitu menghidupi keluarganya.

Mereka yang memilih hidup sendiri, justru lebih rentan untuk melakukan aksi nekat, seperti bunuh diri atau juga melakukan tindakan kriminal. Bahkan tidak jarang mereka lebih gemar mengonsumsi obat-obatan terlarang dan minuman beralkohol.

Menikah adalah satu hal yang sangat indah dan diidamkan oleh setiap pasangan. Ketika B’timers sudah memutuskan untuk mengakhiri masa lajang, maka rawat dan jangan nodai apalagi sampai meninggalkannya. Karena pastinya Anda telah merencanakan dan memikirkan dengan masak-masak dan hal tersebut merupakan investasi jangka panjang yang harus siap dijalani dengan segala risikonya, walaupun terburuk sekalipun. (das)

Share This Article