Dapur Kotor? Bersihkan dengan 5 Langkah Ini | Breaktime
Dapur Kotor? Bersihkan dengan 5 Langkah Ini
22.03.2016

Saat bersih-bersih rumah, dapur adalah ruangan yang paling sering terlewatkan. Hanya karena dapur umumnya tidak terlihat dari ruang tamu, Anda tidak seharusnya mengabaikan untuk membereskan dapur, B’timers. Dengan dapur bersih, tentunya Anda akan lebih nyaman ketika melakukan aktivitas memasak, bukan? Kalau begitu, yuk terapkan 5 langkah membersihkan dapur agar tak risih dilihat!

Mulailah dari counter

Counter dapur memang sering beralih fungsi sebagai meja. Berbagai macam benda yang sebenarnya tidak telalu penting malah berserakan di atasnya. Jadi, coba rapikan benda-benda di counter dan singkirkan yang tidak diperlukan untuk memasak seperti gunting kuku, majalah fashion dan lain sebagainya.

Bersihkan wastafel

Kebersihan wastafel juga perlu diperhatikan. Caranya dengan tidak menumpuk piring-piring kotor di dalamnya. Anda pun perlu membersihkan bagian bak wastafel dengan merendam sejenak dengan air hangat sebelum disabun. Nah, daripada air hangat terbuang begitu saja, bisa Anda gunakan untuk merendam gelas plastik atau rak piring agar lebih steril, lho!

 

Dapur Kotor? Bersihkan dengan 5 Langkah Ini | Breaktime
Hindari menumpuk piring dan alat-alat kotor!

Kosongkan kulkas

Kebiasaan buruk orang-orang adalah memasukkan apa saja ke dalam kulkas dengan asumsi agar tahan lama. Benar, namun tidak semua bahan makanan boleh masuk ke dalam lemari es, lho! Anda harus membuang apapun yang sudah kedaluwarsa. Kosongkan kulkas lalu ambil rak yang kotor dan cuci hingga bersih. Tata kembali isi kulkas dengan rapi. Ingat, jangan sembarangan!

Dapur Kotor? Bersihkan dengan 5 Langkah Ini | Breaktime
Jangan memasukkan segalanya di kulkas!

 

Awas debu!

Agar dapur tetap bersih dan nyaman adalah menghilangkan debu-debu yang nyempil. Gunakan vacuum cleaner atau lap basah untuk membuat debu enyah dari dapur Anda. Mulai dari storage paling atas, counter, wastafel, sudut lemari dan rak piring. Jangan lupa bagian atas kulkas juga, ya!

Dapur Kotor? Bersihkan dengan 5 Langkah Ini | Breaktime
Singkirkan debu, termasuk di wastafel

Perhatikan juga kitchen tool lainnya

Bukan hanya bagian ruangan, alat-alat memasak juga tak boleh lepas dari perhatian. Kompor harus bersih. Panci, kompor, alat penggorengan dan lainnya harus ada di tempatnya. Oh, ya! Microwafe, magic com, oven, coffee maker dan lainnya juga harus selalu dalam kondisi bersih, B’timers. Nah, jika Anda melakukan 5 langkah di atas, niscaya dapur Anda akan selalu bersih dan enak dipandang serta digunakan. Ups! Ada yang ketinggalan. Jangan lupa untuk menyapu lantainya, ya! Selamat bersih-bersih! (nap)

Share This Article