Dapatkan Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan Ini! | Breaktime
Dapatkan Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan Ini!
25.11.2016

Kapulaga merupakan tanaman asli dari hutan cemara yang ada di India, B’timers. Itulah sebabnya Anda akan selalu mendapatkan rempah yang satu ini digunakan dalam masakan khas India. Eits, namun bukan itu saja, lho. Ya, kapulaga ternyata terkenal di dalam dunia pengobatan untuk menyembuhkan sariawan, masalah pencernaan hingga depresi. Wow, terdengar mengejutkan?

Maanfaat dari rempah yang memberikan rasa pedas ini bahkan mulai diteliti di dalam studi modern, lho. Ini tentunya membuat kapulaha menjadi salah satu bumbu dapur yang wajib ada di rumah. Nah, selain digunakan untuk bumbu masakan yang penuh dengan cita rasa, berikut manfaat kapulaga yang harus Anda ketahui, B’timers!

Dapatkan Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan Ini! | Breaktime
Seduh kapulaga bersama kayu manis dan adas manis

Pencernaan

Salah satu manfaat dari kapulaga yang paling banyak diketahui adalah mampu membantu mengatasi masalah gangguan pencernaan. Ya, kapulaga dinilai memiliki khasiat yang sama dengan jahe yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa mual, kembung, gas, kehilangan mafsu makan hingga sembelit.

Detoksifikasi

Rempah yang saat ini semakin populer di dalam dunia medis ini ternyata mampu membantu tubuh Anda membuang racun akibat makanan, minuman ataupun polusi. Mengonsumsi kapulaga dapat membantu tubuh mengeluarkan racun melalui ginjal Anda, B’timers.

Baca juga : TES ALERGI, MULAI JARUM SUNTIK SAMPAI MINUM OBAT

Bau mulut

Di India sendiri, kapulaga telah digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan bau mulut yang cukup mengganggu. Mereka biasa mengunyah kapulaga setelah makan atau kapan saja dibutuhkan demi menyegarkan napas mereka. Tak perlu mengunyah permen karet lagi, ya?

Diuretic alami

Bagian terpenting dari kapulaga dalam membantu tubuh membersihkan racun adalah sifat diuretic di dalamnya, B’timers. Kandungan tersebut membantu membersihkan saluran kemih, kandung kemih dan juga ginjal. Kapulaga dapat menghilangkan kelebihan air, racun dan melawan infeksi.

Dapatkan Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan Ini! | Breaktime
Aromanya dapat membantu menenangkan pikiran, lho

Obat depresi

Penelitian terbaru dari manfaat kapulaga yang terdengar cukup mengejutkan adalah kemampuannya sebagai antidepresan. Bahkan menyeduh kapulaga menjadi minuman herbal atau teh menjadi salah satu cara untuk melawan depresi, B’timers.

Kesehatan mulut

Seperti yang sebelumnya Anda ketahui, bahwa kapulaga mampu membantu menghilangkan bau mulut. Dan selain itu, kapulaga juga seringkali digunakan untuk mengobati sariawan, bahkah infeksi mulut dan infeksi tenggorokan, lho. Selain memiliki napas segar, dengan kapulaga kesehatan mulut terjaga.

Baca juga : TAHUKAH FAKTA OPERASI PLASTIK SEPANJANG SEJARAH?

Deman dan flu

Rasanya yang pedas seperti jahe-lah yang membuat rempah asal India ini digunakan untuk mengobati, mencegah dan meringankan gejala flu, B’timers. Caranya dengan menyeduh kapulaga menjadi minuman herbal yang hangat. Bahkan kapulaga seduh dapat mengatasi bronchitis dan batuk.

Dapatkan Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan Ini! | Breaktime
Kapulaga ternyata efektif untuk menyembuhkan kanker, B’timers

Kanker

Setelah dilakukan sejumlah penelitian pada hewan, didapatkan kemampuan kapulaga lainnya yang bisa membantu tubuh melindungi dan menghambat pertumbuhan hingga membunuh beberapa jenis kanker. Well, memang tanaman herbal lebih alami dalam mengatasi penyakit, ya?

Tekanan darah

Kemampuannya sebagai bahan alami untuk membuang racun dan diuretic, rempah yang kaya akan serat ini ternyata cukup efektif dalam membantu menurunkan tekanan darah. Dan tidak hanya itu. Kapulaga juga dapat mencegah pembekuan darah yang membahayakan kesehatan.

Antioksidan

Terdapat banyak vitamin, fitonutrien erta minyak esensial yang ditemukan di dalam kapulaga. Semua kandungan tersebut merupakan sumber antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Dengan sifat yang satu ini, membuat kapulaga sanggup membersihkan sisa radikal bebas dan menjaga kesehatan sel tubuh.

Anti-inflamasi

Ya, sama seperti jahe dan kunyit, kapulaga memiliki beberapa kandungan dan sifat anti-inflamasi yang dapat mengatasi rasa nyeri dan pembengkakan, terutama yang terjadi di selaput lendir, mulut dan juga tenggorokan.

Cegukan

Manfaat dari kapulaga yang belum banyak diketahui adalah anti-spasmodic di dalamnya. Sifat yang satu ini dapat membantu mengatasi cegukan. Wah, tentunya ini merupakan informasi yang sangat penting, ya, B’timers. Bahkan kapulaga juga efektif mengatasi kejang otot, seperti kram perut dan usus.

Terakhir, manfaat kapulaga sebagai obat tradisional adalah sebagai aphrodisiac yang dapat membantu mengatasi disfungsi ereksi dan impotensi, B’timers. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE