Dampak Begadang Ternyata Tidak Baik! | Breaktime
Dampak Begadang Ternyata Tidak Baik!
31.12.2016

“Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya”. Anda tentu merasa familiar dengan lirik lagu tersebut, bukan? Lagu yang dipopulerkan oleh Hj. Rhoma Irama tersebut mengajarkan bahwa begadang adalah hal yang sebaiknya tidak terlalu sering dilakukan. Sayangnya, di abad modern ini nasehat dari lagu tersebut bagaikan masuk ke telinga kanan dan keluar dari telinga kiri. Terutama bagi Anda pekerja yang sedang dipepet oleh deadline atau bagi Anda yang tengah mengerjakan tugas-tugas kuliah, atau bagi Anda gamer kelas berat, bangun semalam suntuk ditemani dengan secangkir kopi seakan-akan telah menjadi bagian dari hidup Anda. Akan tetapi, tahukah Anda dampak begadang bagi tubuh Anda?

Baca juga : INILAH CARA MENINGKATKAN KUALITAS TIDUR MALAM

Dampak begadang ternyata tidak sebagus yang Anda kira. Penelitian telah membuktikan bahwa orang-orang yang gemar bangun hingga larut malam memiliki resiko terkena obesitas dibandingkan dengan mereka yang tidur tepat waktu. Bagaimana bisa? Hal tersebut disebabkan karena metabolisme lemak tubuh Anda menjadi kacau sehingga mengakibatkan penumpukan lemak, selain itu Anda cenderung akan merasa lapar dan mengemil camilan lebih banyak ketika Anda begadang.

Selain itu, organ-organ tubuh vital Anda pun terpaksa harus bekerja lebih keras. Ketika Anda tidur, organ-organ tubuh Anda pun akan turut rileks dan beristirahat. Jantung Anda pun akan lebih santai dalam memompa darah saat Anda tidur. Akan tetapi apabila Anda begadang, jantung terpaksa terus bekerja keras untuk memompa darah untuk memenuhi tuntutan pasokan oksigen ke otak dan organ-organ tubuh yang lain. Sel-sel dinding jantung pun tidak dapat melakukan perbaikan dengan maksimal sehingga Anda akan memiliki resiko terkena serangan jantung atau stroke.

Selain penyakit jantung, kebiasaan begadang juga dapat mengakibatkan Anda terkena penyakit diabetes. Hal tersebut diakibatkan karena ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Salah satu hormon yaitu hormon insulin pun akan mengalami peningkatan. Peningkatan kadar insulin yang drastis tersebut secara otomatis akan meningkatkan kadar gula dalam darah dan sebagai akibatnya akan menyebabkan Anda terkena diabetes.

Dampak Begadang Ternyata Tidak Baik! | Breaktime
Kurangi frekuensi begadang, yuk!

Apakah Anda pernah paling tidak terkena sakit flu saat Anda terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bangun hingga tengah malam? Tanpa Anda sadari ketika Anda begadang, secara tidak langsung Anda menghancurkan sel-sel darah putih yang merupakan sel darah yang mengatur imunitas tubuh. Dan karena sel-sel kekebalan tubuh tersebut telah hancur, tubuh Anda pun tidak memiliki tameng yang cukup kuat untuk menghalau virus atau penyakit-penyakit lain sehingga membuat Anda jatuh sakit.

Anda juga berisiko terkena penyakit Alzheimer atau penyakit pikun apabila Anda terlalu sering begadang. Ketika Anda begadang, otak akan mengalami penumpukan kadar protein yang membentuk plak-plak di jaringan otak. Dampak lain dari begadang adalah peningkatan tekanan darah di dalam tubuh. Seperti yang pastinya telah Anda ketahui, ketika tubuh Anda tidak mendapatkan istirahat yang cukup maka tubuh akan terasa berat dan Anda pun akan menjadi lebih cepat marah. Apabila hal tersebut dilanjutkan terus menerus, stres yang disebabkan oleh emosi yang tidak stabil tersebut dapat mengakibatkan lonjakan tekanan darah, sehingga bukan tidak mungkin jika Anda terkena hipertensi.

Baca juga : HATI-HATI, INI AKIBATNYA JIKA TIDUR TERLALU LAMA

Dan Anda tentu pernah mengalami rasa sakit kepala yang amat sangat setelah Anda menjalani begadang. Sakit kepala tersebut bukan hal yang bisa dianggap remeh, lho! Rasa sakit kepala yang Anda rasakan saat Anda bangun dari tidur adalah respons peringatan dari otak yang mengalami cedera. Apabila otak menderita cedera dalam jangka waktu yang lama, Anda terkena resiko kerusakan otak.

Dampak begadang ternyata memang berbahaya ya, B’Timers! Mulai sekarang yuk biasakan tidur tepat waktu! (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE