Crack Knuckles, Apakah Itu Baik untuk Kesehatan? | Breaktime
Crack Knuckles, Apakah Itu Baik untuk Kesehatan?
15.02.2017

Hayoo, Anda juga pasti menyukai sensasi rasa melegakan yang didapat saat berhasil menggemeretakkan buku-buku jari, B’timers? Lebih dikenal dengan nama cracking knuckles, menggemeretakkan persendian tulang ternyata telah menjadi kebiasaan aneh yang sebenarnya tidak beralasan. Dan ada begitu banyak mitos yang keluar seiring semakin banyaknya orang yang menyukai aktivitas satu ini.

Banyak orang yang mempercayai bahwa dengan menggemeretakkan buku-buku jari maupun persendian tulang lain pada bagian tubuh bisa berisiko menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. Apabila Anda masih mengingatnya, orangtua kita dulu sering melarang untuk menggemeretakkan buku-buku jari dan persendian tulang, karena berisiko menyebabkan radang sendi di kemudian hari.

Well, pertanyaan tentang apakah benar crack knuckles bisa menyebabkan radang sendi jika Anda terlalu sering melakukannya, hingga saat ini masih terngiang di kepala, ya, B’timers. Namun apakah benar, jika kita menggemeretakkan sendi bisa membahayakan kesehatan? Nah, ini adalah waktu yang paling tepat untuk membongkar kenyataan dari kebiasaan cracking knuckles yang menyenangkan.

Crack Knuckles, Apakah Itu Baik untuk Kesehatan? | Breaktime
Sering menggemeretakkan sendi ketika merasa tak nyaman?

Nah, untuk Anda penggila cracking knuckles, akhirnya Anda dapat tidur dengan tenang, B’timers. Karena menurut para pakar kesehatan, menggemeretakkan persendian yang terasa tak nyaman itu ternyata tak terlalu membahayakan kesehatan, kok, B’timers. Dan kabar yang menggembirakannya adalah kebiasaan untuk menggemeretakkan buku jari atau persendian tidak menyebabkan radang sendi.

Kabar menyenangkan ini tentunya telah dibuktikan dengan penelitian lebih dahulu, B’timers. Penelitian dilakukan terhadap sekelompok orang yang sangat senang menggemeretakkan persendian mereka dan kelompok lain yang memang sudah terbukti menderita osteoarthritis. Nah, peneliti tidak mendapatkan bukti bahwa, crack knuckles menjadi penyebab utama seseorang menderita arthritis.

Mengenai kebiasaan yang menurut banyak orang ini juga ikut diteliti oleh salah seorang ahli kesehatan. Dia melakukan penelitian pada dirinya sendiri selama kurang lebih 60 tahun dengan menggeneretakkan sendi di tangan kirinya. Dan ternyata hingga akhir dia tidak mendapatkan adanya peningkatan terhadap risiko arthritis pada tangan kirinya ketika dia membandingkan dengan tangan kanannya.

Lebih lanjut dia mengatakan, bahwa selama ini cukup banyak orang yang menganggap bahwa cracking knuckles ini sangat berbahaya untuk kesehatan persendiaan mereka. Padahal yang sebenarnya tidaklah demikian, B’timers. Bahkan selama ini, kasus operasi sendi pada tangan atau pergelangan tangan yang ada tidaklah terjadi karena kebiasaan para pasien menggemeretakkan sendi mereka, lho.

Crack Knuckles, Apakah Itu Baik untuk Kesehatan? | Breaktime
Hati-hati! Sebaiknya mintalah bantuan tenaga ahli, B’timers!

Dan meskipun telah dipastikan bahwa menggemeretakkan sendi ini tidaklah berbahaya bagi kesehatan, namun sebaiknya jangan Anda lakukan hingga terlalu berlebihan, B’timers. Karena bagaimanapun juga, kebiasaan cracking knuckles ini bisa saja menyebabkan masalah. Terlebih ketika Anda mulai merasakan sakit atau nyeri saat melakukannya. Jika sudah demikian, segera hentikan kebiasaan Anda.

Jika Anda merasakan persendian sudah terasa tidak nyaman atau bahkan terasa cukup sakit dan tetap melakukan kebiasaan menggemeretakkan persendian tulang, itu dapat menyebabkan ketidakstabilan pada sendi Anda. Bahkan yang mengerikan, kebiasaan tersebut bisa menghilangkan fungsi dari tangan dan mengurangi kekuatan genggaman tangan Anda. So, mulailah berhati-hati, B’timers!

Pada sebagian besar orang, mereka mengaku tak dapat menghilangkan kebiasaan yang menyenangkan ini, lho. Alasannya karena mereka mendapatkan perasaan lega setelah melakukannya. Dan kebiasaan ini dianggap sebagai latihan sendi yang meregang serta merangsang ujung saraf yang ada di dalam tubuh mereka.

Bunyi yang Anda dengar ketika menggemeretakkan persendian tulang adalah udara yang kemungkinan terjebak di antara persendian dan menyebabkan rasa mengganjal dan tidak nyaman. So, meskipun tidak membahayakan, namun tetap berhati-hati saat melakukan kebiasaan yang satu ini, ya, B’timers? (NO) 



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE