Coffee-holics, Ini Bahaya Minum Kopi Setiap Hari | Breaktime
Coffee-holics, Ini Bahaya Minum Kopi Setiap Hari
23.11.2017

Secangkir kopi dan Anda bagaikan dua sejoli yang tidak terpisahkan. Hari Anda rasanya kurang lengkap jika tidak diawali dengan secangkir kopi. Kopi memang sangat berjasa dalam membantu mengusir rasa kantuk dan membuat Anda lebih berkonsentrasi terhadap project kerja yang saat ini Anda kerjakan. Dan yang paling penting, kopi bisa membantu mencegah Anda menjadi cranky. Ya, tak hanya kopi menyelamatkan hari Anda tapi juga hari orang-orang di sekitar Anda. Tapi tunggu dulu, adakah bahaya minum kopi setiap hari?

Shoutout to coffeeholics, bahwa ya! bahaya minum kopi setiap hari memang ada dan nyata. Bahaya pertama yang paling kentara tapi sering diabaikan adalah, kopi bisa mengakibatkan kecanduan. Seperti energy drink, kopi memang memberikan dorongan energi yang kuat serta sangat ampuh untuk mencegah serangan kantuk. Akan tetapi lama-kelamaan tubuh Anda akan semakin bergantung pada efek yang ditimbulkan oleh minuman berkafein ini. Akibatnya seperti yang Anda tahu, you can’t survive without a cup of coffee. Konsumsi kopi Anda bisa jadi makin meningkat sehingga mengakibatkan rentetan efek kesehatan yang lain.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kenali Cara Mencegah Diabetes Saat Hamil

Salah satunya adalah kopi bisa mengakibatkan peningkatan hormon adrenalin yang tak terkontrol. Hormon adrenalin dalam kadar tertentu memang bermanfaat untuk membantu Anda menjadi lebih fokus dan tanggap dalam mengerjakan tugas Anda. Tapi, di saat yang sama kadar adrenalin yang berlebihan juga bisa mengakibatkan tubuh mengalami overstimulasi yang dapat berujung pada munculnya halusinasi. Halusinasi itu bisa muncul dalam bentuk Anda melihat hal atau orang yang tidak ada di kehidupan nyata, atau bahkan mengalami gejala psychosis dimana Anda mendengar suara-suara yang sebenarnya tidak ada.

Selain itu, jaringan syaraf juga akan terlalu aktif sehingga mengakibatkan Anda menjadi panik atau bingung tanpa penyebab yang pasti. Jantung Anda pun akan berdebar jauh lebih kencang akibat rangsangan syaraf yang berlebihan dari kafein. Hal tersebut tentunya berbahaya terutama jika Anda memang sudah memiliki riwayat terkena anxiety dan/atau penyakit jantung. Tekanan darah Anda pun akan meningkat sehingga semakin memperbesar resiko terjadinya serangan jantung bagi penderita penyakit jantung.

Coffee-holics, Ini Bahaya Minum Kopi Setiap Hari | Breaktime
bahaya minum kopi setiap hari memicu anxiety

Tak hanya jantung, organ hati dan ginjal Anda pun bisa rusak akibat konsumsi kopi yang berlebihan. Kopi bersifat diuretik yang merangsang ginjal untuk bekerja lebih keras dan dampaknya membuat Anda jadi lebih sering buang air kecil. Keseimbangan cairan di dalam tubuh dan terganggu, dan bahkan ginjal Anda akan rusak akibat overworking. Proses penyaringan racun di dalam organ hati pun jadi terganggu dan mengakibatkan penurunan fungsi organ hati.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ampuh! Ini Cara Mencegah Diabetes Secara Alami

Konsumsi kopi yang berlebihan juga dapat memicu reaksi maag lho, B’Timers. Konsentrasi asam yang tinggi di dalam kopi dapat melukai dinding lambung. Produksi asam lambung pun turut meningkat sehingga mengakibatkan perut Anda terasa sangat perih. Tak hanya itu, kopi juga bisa mengakibatkan acid reflux atau naiknya asam lambung ke saluran tenggorokan. Kopi memiliki efek merileksasi otot yang memisahkan otot esofagus sehingga mengakibatkan asam lambung mengalir naik ke tenggorokan. Hati-hati, acid reflux yang sering terjadi dapat mengakibatkan saluran esofagus Anda terluka, lho.

 Dan mungkin Anda belum pernah mendengar ini, tapi ternyata konsumsi kopi yang berlebihan bisa mengakibatkan Anda terserang osteoporosis, lho. Kandungan kafein di dalam kopi berpotensi mengganggu proses penyerapan kalsium dari makanan yang Anda konsumsi. Akibatnya tubuh Anda hanya dapat menyerap sejumlah kecil kalsium yang tidak cukup untuk membantu menjaga kepadatan tulang. Akibatnya, kepadatan tulang pun akan berkurang yang mengakibatkan tulang Anda jadi rapuh.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sering Menahan Kencing? Awas Muncul Gejala Ini

Ternyata segala hal yang berlebihan memang tidak baik ya, B’Timers? Untuk mencegah bahaya minum kopi setiap hari Anda tidak perlu berhenti total dari mengkonsumsi kopi kok. Hanya saja, kontrol diri Anda dengan membatasi konsumsi kopi harian Anda. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE