Coba 2 Posisi Tidur Ini, Bye-Bye Back Pain! | BREAKTIME
Coba 2 Posisi Tidur Ini, Bye-Bye Back Pain!
13.04.2015

B’times, pernahkah Anda merasakan sakit di bagian punggung setelah bangun tidur? Tubuh bagian belakang menjadi kaku, di sekitar pinggang dan punggung bagian samping kanan, kiri dan atas juga terasa nyeri.

Menurut berbagai penelitian medis, hal tersebut bisa disebabkan oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi sebelum tidur serta salah posisi ketika tidur. Benar sekali, posisi tidur juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan istirahat Anda dan juga kesegaran tubuh saat bangun di pagi hari.

Untuk mencegah hal ini, coba simak 2 posisi tidur yang direkomendasikan oleh para ahli seperti berikut ini:

Supine 

Tidur dalam posisi ini sangat dianjurkan karena dapat membuat badan rileks
Tidur dalam posisi ini sangat dianjurkan karena dapat membuat badan rileks

Supine atau tidur telentang adalah posisi yang disarankan untuk mencegah sakit punggung dan sakit pada leher. Selain itu, dengan tidur telentang, maka gravitasi bumi akan menarik wajah dan bagian dada ke bawah dan sangat bagus bagi para penderita Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau dikenal dengan nama asam lambung berlebih. 

Namun posisi seperti ini tidak disarankan bagi orang yang suka tidur dengan mendengkur karena bagian perut dan tenggorokan yang tertarik oleh gravitasi dapat membuat susah bernapas. Agar mendapatkan kenyamanan lebih, B’timers juga dapat menempatkan bantal sebagai tumpuan pada bagian paha.

Snuggling 

Coba 2 Posisi Tidur Ini, Bye-Bye Back Pain! | BREAKTIME
Selain sangat nyaman, posisi ini juga baik untuk kesehatan

Snuggling atau disebut juga dengan nama tidur miring ini merupakan posisi yang paling banyak disukai. Ternyata, tidur dalam posisi miring juga dianjurkan oleh para pakar kesehatan karena dapat mencegah sakit pada punggung dan leher, mengurangi dengkuran, mencegah naiknya asam lambung, cocok bagi penderita insomnia, serta baik bagi ibu hamil.

Dengan tidur miring ke kiri, maka aliran darah akan semakin lancar karena proses pemompaan dan aliran pada kardiovaskular tidak terhambat. Jen Robart, seorang terapis fisik di Northeast Rehabilitation Hospital, menyarankan agar menggunakan bantal yang diapit di antara paha untuk menyeimbangkan pinggul dan lutut.

Selain memperhatikan posisi tidur, ada beberapa hal lain yang dapat digunakan sebagai penunjang agar B’timers mendapatkan tidur berkualitas dan merasa lebih segar ketika bangun. Misalnya saja dengan membiasakan berolahraga ringan sebelum tidur kemudian mandi air hangat. Coba, ya!

Share This Article