Cepat Hilangkan Bau Mulut dengan 7 Cara Ini | Breaktime
Cepat Hilangkan Bau Mulut dengan 7 Cara Ini
21.01.2016

Bau mulut merupakan salah satu penyebab rasa sangat tidak nyaman untuk berinteraksi dengan orang lain. Meskipun memalukan jika B’timers memiliki bau mulut, sebenarnya hal ini sangat wajar, lho. Di dalam mulut hidup bakteri aktif, sehingga menimbulkan bau. Namun, agar nyaman ngobrol dengan lawan bicara B’timers, Anda bisa menghilangkan bau mulut dengan 7 cara mudah ini, lho!

  • Sikat gigi dua kali sehari

B’timers tidak bisa melupakan rutinitas satu ini untuk menghilangkan bau mulut Anda. Sisihkan waktu setidaknya 2-3 menit setiap kali sikat gigi dua kali dalam sehari. Dengan begitu, plak dan sisa makanan yang menempel pada gigi dan gusi akan terlepas. Gosok gigi dengan baking soda bisa mengurangi keasaman dalam mulut dan tentunya mengurangi risiko bau mulut. 

Cepat Hilangkan Bau Mulut dengan 7 Cara Ini | Breaktime
Jangan lupa gosok gigi sebelum tidur, ya!
  • Datangi dokter gigi secara rutin

B’timers harus mendatangi dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali untuk memastikan kesehatan gigi dan mulut Anda terjaga. Jika Anda sudah terjangkit bau mulut yang akut sangat disarankan untuk mendatangi dokter gigi terlebih dahulu sebelum melakukan pengobatan lain. Dokter gigi akan membantu Anda mengetahui sebab bau mulut, apakah karena infeksi atau faktor genetis.

  • Bersihkan sisa makanan yang menempel

Makanan seringkali menempel di sela-sela gigi dan gusi B’timers. Selain menimbulkan rasa mengganjal dalam mulut, sisa-sisa makanan tersebut dapat memicu terjadinya bau mulut, lho. Gunakan benang yang khusus untuk membersihkan sela-sela gigi. Anda juga bisa menggunakan tusuk gigi, namun tetaplah berhati-hati agar gusi tidak terlukai olehnya. 

Cepat Hilangkan Bau Mulut dengan 7 Cara Ini | Breaktime
Hati-hati jangan sampai melukai gusi Anda
  • Berhenti merokok

Rokok mengandung tembakau yang akan memperburuk bau nafas B’timers. Tembakau cenderung mengeringkan area mulut Anda sehingga membuat bakteri lebih cepat berkembang. Selain itu, bau dari tembakau itu sendiri tidak terlalu menyenangkan untuk dihirup dan tidak mudah hilang meskipun sudah menggosok gigi.

  • Basahi area mulut dengan air

Minumlah cukup air selama sehari. Sekurang-kurangnya 6-8 gelas sehari atau sekitar 2 liter untuk menghindari mulut kering. Air mampu membasahi dan menghanyutkan sisa makanan serta bakteri yang menempel dalam mulut, sehingga tidak menyebabkan bau mulut B’timers semakin parah.

  • Memakan sayur dan buah penghilang bau mulut

B’timers bisa memakan wortel, apel, seledri, hingga parsley untuk menghasilkan air liur. Air liur akan mengangkat bakteri penyebab bau mulut yang terdapat dalam gigi, gusi, dan lidah.  Camilan di antara jeda waktu makan menjaga perut Anda tetap terisi sehingga mencegah asam dalam perut naik ke mulut dan menyebabkan bau mulut.

Tidak terlalu susah bukan, untuk menghilangkan bau mulut Anda? Asalkan B’timers rutin melakukan keenam cara tersebut, Anda tidak perlu khawatir lagi serangan bakteri dalam mulut mengganggu keseharian Anda. Jadi, sudah tidak ada alasan untuk minder. Speak up your mind!! (ft)

Share This Article