Apa Yang Dikatakan Lidah Tentang Kesehatan Anda | Breaktime
Cek, Apa Yang Dikatakan Lidah Tentang Kesehatan Anda
25.12.2015

Apa yang dikatakan lidah tentang kesehatan Anda, B’timers?

Anda mungkin pernah mendengar, kita dapat mengetahui kondisi kesehatan tubuh dengan melihat lidah. Lidah yang sehat akan berwarna pink dan tertutupi dengan nodul kecil. Jika ada yang salah pada lidah, apakah warnanya yang tidak normal, terasa sakit di bagian tertentu di lidah, mungkin menjadi pertanda bahwa tubuh menderita suatu penyakit.

Lidah berwarna putih atau terdapat bintik-bintik putih

Lidah yang berwarna putih, atau ada bintik putih di lidah Anda, bisa merupakan indikasi Anda menderita infeksi jamur di mulut. Infeksi ini disebabkan karena kelebihan produksi bakteri candida di dalam mulut.

Apa Yang Dikatakan Lidah Tentang Kesehatan Anda | Breaktime
Warna lidah yang tidak normal bisa menandakan ada yang salah pada tubuh

Lidah berwarna merah seperti stawberry

Warna merah terang pada lidah, merupakan tanda tubuh Anda kekurangan zat besi atau vitamin B 12. Atau bisa juga menandakan Anda menderita penyakit Kawasaki. Penyakit ini biasa menyerang anak dibawah usia 5 tahun dengan salah satu tandanya adalah demam tinggi dan warna lidah menjadi merah seperti strawberry.

Lidah terasa nyeri dan bengkak

Hal ini bisa disebabkan Anda menderita kanker mulut. Jika nyeri dan bengkak pada lidah tidak segera membaik dalam 2 minggu, bisa mengindikasikan adanya kanker mulut.

Lidah berwarna hitam dan berambut

Pada beberapa orang, papilla lidah bisa tumbuh lebih besar dari ukuran normalnya. Hal tersebut disebabkan oleh bakteri harbor. Jika bakteri ini tumbuh, akan menyebabkan papillae yang tumbuh tampak seperti rambut. Sebenarnya kondisi ini bukan merupakan hal yang serius. Hanya karena tidak rutin menjaga kebersihan mulut.

So, B’timers, dengan lebih rutin melakukan pengecekan lidah dan kondisi mulut setiap hari, kita akan tahu jika ada yang salah dengan kesehatan kita. Namun, jika Anda merasa ada gangguan pada bagian mulut terutama lidah, segera konsultasikan dengan dokter. Sementara itu menurut Aikta Singh, konsultan kesehatan gigi di Gurgaon’s Columbia Asia Hospital, ini beberapa alasan mengapa Anda harus menjaga kebersihan daerah mulut.

  1. Membersihkan mulut merupakan salah satu cara paling dasar untuk mengurangi pertumbuhan bakteri. Caranya, Anda bisa menggunakan sikat gigi yang memang didesain untuk membersihkan gigi, atau dengan alat khusus untuk membersihkan lidah. Jangan pernah sekalipun menggunakan sisi depan sikat gigi untuk menyikat lidah.
  2. Sering kali Anda menekan terlalu kuat ketika menyikat lidah. Padahal sebenarnya cukup menggosok perlahan ke arah ujung lidah sebanyak 2 atau 3 kali saja. Jika Anda menekan terlalu kuat, hal tersebut justru akan melukai lidah.
  3. Saat membersihkan lidah, Anda bisa mengaplikasikan sedikit pasta gigi. Pasta gigi akan menetralkan bakteri di mulut dan membantu menghilangkannya dengan mudah.
  4. Berkumur-kumurlah setelah menggosok lidah. Jika Anda terbiasa menggunakan obat kumur, usahakan untuk tidak menggunakannya setiap hari, karena hanya akan membuat mulut kering. Sebagai penggantinya, Anda bisa mencampurkan setengah gelas air hangat dengan setengah sendok teh garam, dan berkumurlah 5 – 6 kali setiap harinya.
  5. Perbanyak minum air. Karena dehidrasi dapat menyebabkan perubahan warna pada lidah Anda.

Itu dia beberapa tanda yang dikatakan lidah tentang kesehatan Anda, B’timers. Nah, dengan tips bagaimana menjaga kebersihan lidah tadi, semoga Anda tidak lagi salah dalam membersihkan daerah mulut, ya.

Share This Article