Tips Jitu Mencegah Diabetes Tipe 2 Diusia Dini | Breaktime
Cegah Serangan Diabetes Tipe 2 di Usia Muda dengan Tips Ini!
19.07.2015
“Health is not valued till sickness come.” – Thomas Fuller

Tubuh yang sehat adalah salah satu anugerah tak ternilai harganya. B’timers tentu familiar dengan slogan yang berbunyi “dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat”, bukan?  Sayangnya, terkadang setelah sakit, kita baru sadar betapa berartinya kesehatan. Nah, sejumlah penyakit berbahaya tak hanya menyerang orang-orang yang usianya lebih tua, lho.

Salah satu penyakit serius yang cukup berbahaya juga bisa menyerang di usia muda, bahkan anak-anak! Apakah itu? Yes, you knew it. Diabetes tipe 2 adalah salah satu penyakit yang diam-diam mematikan, dan siapa saja bisa beresiko terserang penyakit ini, terutama bagi yang memiliki faktor turunan. Meski begitu, Anda bisa mencegahnya, kok. Berikut tipsnya:

Lebih banyak melakukan kegiatan fisik

Ada banyak manfaat yang didapat dari aktivitas fisik, seperti menurunkan berat badan, menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas terhadap insulin yang membantu menjaga gula darah agar tetap normal.

Banyak makan makanan berserat

We know it’s rough and tough, but it does help. Manfaat banyak mengonsumsi makanan berserat adalah mengontrol gula darah sehingga menurunkan resiko diabetes, mengurangi resiko penyakit jantung, membuat rasa kenyang tahan lama sehingga berat badan bisa lebih cepat turun.

Sayur dan buah yang kaya serat bantu mencegah diabetes tipe 2
Sayur dan buah yang kaya serat bantu mencegah diabetes tipe 2

Perbanyak konsumsi biji-bijian

Biji-bijian seperti olahan berbahan gandum dapat membantu Anda menjaga tingkat gula darah dan mengurangi resiko diabetes. Pilih camilan berbahan biji-bijian seratus persen agar lebih sehat.

Mengurangi berat badan berlebih

Jika Anda kelebihan berat badan, kunci utama pencegahan diabetes terletak pada penurunan berat. Bahkan, setiap kilogram yang hilang bisa membuat tubuh jadi lebih sehat!

Hindari diet berlebihan, pilih saja makanan yang lebih sehat

Diet rendah karbohidrat, diet indeks glikemik atau diet blablabla lainnya yang menjanjikan berat badan turun dengan cepat tidak serta merta efektif mencegah diabetes, terutama efeknya dalam jangka panjang. Lebih baik atur pola makan dengan lebih baik dan penuhi asupan nutrisi penting.

Nah, alangkah baiknya jika sejak dini B’timers menjalankan pola hidup sehat yang baik untuk tubuh dan bisa menangkis diabetes. Live healthier, live longer!

Share This Article