Cegah Sakit Punggung Saat di Kantor? Kenali Gejalanya! | BREAKTIME
Cegah Sakit Punggung Saat di Kantor? Kenali Gejalanya!
01.04.2015

Bagi B’timers yang menghabiskan waktu hampir seharian duduk di depan komputer, waspadalah dengan penyakit yang terlihat remeh tapi sangat berpengaruh pada performa kerja: sakit punggung. Ya, sakit punggung pada umumnya kerap melanda pekerja kantoran yang jarang melakukan mobilitas setiap harinya.

Keadaan inilah yang menyebabkan ketegangan pada otot bahu dan pada akhirnya menjalar ke bagian punggung. Meski terlihat sepele, sakit punggung bisa menjadi akut dan berlangsung selama beberapa hari. Bahkan, sakit punggung yang kronis dapat bersarang pada tubuh Anda selama 3 bulan atau lebih, lho.

Nah, bila tak ingin mengalami kejadian buruk seperti ini yang akhirnya membuat pekerjaan terbengkalai, ada baiknya perhatikan beberapa gejala sakit punggung yang berhasil Breaktime rangkum berikut ini:

Nyeri yang menusuk

Asyik dengan pekerjaan atau terlalu fokus dengan kejaran deadline pastinya membuat Anda tak sadar telah menghabiskan waktu begitu lama di depan komputer. Rasa tak nyaman berupa nyeri yang menusuk baru terasa ketika Anda melakukan perpindahan posisi. Dalam keadaan ini, segeralah mengonsumsi air putih dan berjalan-jalan sejenak untuk melemaskan beberapa persendian tubuh yang terasa kaku.

Tegang pada bagian tubuh tertentu

Selain nyeri, rasa tegang pada bagian pundak ataupun leher juga kerap menjadi gejala penyakit punggung yang patut diwaspadai. Rasa tegang ini menyebabkan B’timers kesulitan dalam berkendara, tidur, bahkan saat mengenakan pakaian.

Solusinya, cobalah untuk berdiri menghadap tembok dan sejajarkan posisi bahu dengan tembok. Selanjutnya, luruskan punggung atas dan tarik dada keluar. Lakukan gerakan ini selama beberapa saat.

Bila tiba saatnya back to work, duduklah dengan punggung sejajar sandaran kursi dan biarkan tangan Anda lebih rileks. Jangan lupa untuk menegakkan kepala dan mensejajarkannya dengan tulang belakang agar rasa kaku ini tidak menjalar pada bagian punggung.

Nah, dengan pengenalan dini pada gejala awal sakit punggung tersebut, masalah yang mengakibatkan Anda susah berkonsentrasi akan lebih mudah untuk ditangani. Selain itu, jaga pula pola makan dengan memperbanyak asupan kalsium sehingga tulang punggung B’timers lebih kuat.

Share This Article