Cegah Infeksi Virus Ebola Cuma dengan Cuci Tangan, Really? | Breaktime
Cegah Infeksi Virus Ebola Cuma dengan Cuci Tangan, Really?
22.04.2015

Rajin Cuci Tangan Dapat Terhindar Dari Virus Yang Masuk Ke DalamTubuh

Setelah lama menghilang dari perbincangan, virus ebola yang sempat menggegerkan dunia pasca kematian 932 penderitanya di Sierra Leone, Guinea, Liberia, dan Nigeria pada bulan Maret hingga Agustus tahun 2014 silam, di tahun 2015 virus ini kembali menjadi topik hangat pembicaraan.

Namun berbeda dengan kabar mengerikan yang terdengar sebelumnya, di bulan Maret 2015 ini seorang pasien Liberia bernama Beactrice Yordoldo akhirnya dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang setelah menjalani Ebola Treatment Unit (ETU)  yang dibangun oleh Pemerintah China di Paynesville, pinggiran ibu kota Monrovia. 

Menurut pihak WHO, sejak awal Maret tidak ada kasus ebola baru yang dilaporkan di Liberia. Hal senada juga diungkapkan oleh Wakil Menteri Kesehatan Liberia, Tolbert Nyenswah, pada awak media saat melepas Beatrice.

(Baca juga: Intip Kondisi Tubuh Saat Terbebas Dari Rokok)

Beactrice Yordoldo
Beactrice Yordoldo

Apa yang terjadi pada Beatrice ini memang bisa dibilang merupakan sebuah “mukjizat” lantaran hanya segelintir orang saja yang bisa lolos dari sergapan maut ebola. Pada awalnya, seseorang yang terserang virus ebola akan mengalami beberapa gejala umum seperti pusing, demam, nyeri, dan terkadang muncul ruam-ruam pada tubuh penderita. Bahkan, pada beberapa kasus juga diikuti dengan diare dan muntah-muntah.

Kendati tergolong sebagai penyakit yang mengerikan, ternyata pencegahan virus ebola untuk masuk ke dalam tubuh ini sangat sederhana. Seorang praktisi kesehatan, dr. Robby Kurniawan dari House of Hario menuturkan bahwa rajin mencuci tangan dapat mencegah penyebaran virus ebola untuk masuk ke dalam tubuh, lho.

Menurut dr. Robby, kebiasaan mencuci kedua tangan dengan menggunakan sabun merupakan usaha preventif sederhana yang dapat mencegah tubuh untuk terinfeksi virus dan bakteri jenis apapun, termasuk bakteri Salmonella Thyposa yang mengakibatkan penderitanya mengalami demam typus, sebuah penyakit yang tak kalah mengerikannya dari infeksi virus ebola.

Nah, bila memang infeksi virus ebola yang  mengerikan tersebut dapat dilakukan dengan cara yang begitu sederhana, why not? Mulai sekarang jadikan aktivitas rajin cuci tangan dengan sabun atau rajin membawa hand sanitizer saat bepergian sebagai salah satu gaya hidup sehat yang tak boleh ditinggalkan agar sistem imunitas benar-benar terjaga setiap saat.

Share This Article