Cara Terbaik Mendeteksi Masalah Jantung Sejak Dini | Breaktime
Cara Terbaik Mendeteksi Masalah Jantung Sejak Dini
11.06.2015

Menjaga kesehatan sudah menjadi tuntutan bagi setiap orang. Dengan semakin berkembangnya zaman, penyakit berbahaya yang dulu hanya menyerang orang-orang berusia lanjut, kini bisa menyerang siapa saja yang usianya lebih muda. Termasuk penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung, B’timers.

Kini banyak orang yang sudah sadar pentingnya melakukan deteksi dini untuk antisipasi penyakit jantung. Agar kelainan pada jantung bisa segera diketahui, berikut sejumlah tes medis yang dapat mendiagnosa masalah jantung:

EKG (electrocardiogram)

Tes ini merekam aktivitas elektris jantung dengan menggunakan patch elektroda kecil yang ditempelkan pada kulit dada, tangan dan kaki Anda. Check up ini bisa dilakukan secara rutin atau kondisional untuk mengetes tanda-tanda penyakit jantung.

Chest X-Ray

Chest X-Ray atau disebut juga chest film menggunakan radiasi dalam jumlah sangat kecil untuk menghasilkan foto jantung, pari-paru, dan tulang dada dalam film. Ini berfungsi untuk melihat struktur dada, mengevaluasi letak alat untuk pengobatan dan monitoring selama perawatan pasien di rumah sakit, serta mendiagnosa penyakit paru-paru dan jantung.

Stress test

Tes ini dilakukan dokter atau ahli untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat stress yang sanggup dikelola jantung Anda sebelum ritme jantung berubah jadi abnormal atau terjadi ischemia (tidak tercukupinya darah untuk dialirkan ke otot jantung).

Mendeteksi masalah jantung lebih baik dilakukan sejak dini
Mendeteksi masalah jantung lebih baik dilakukan sejak dini

Cardiac CT (Computed Tomography)

Teknologi Computed Tomography atau biasa dikenal CT Scan menggabungkan beberapa foto X-Ray dengan bantuan komputer untuk menghasilkan gambar beberapa bagian tubuh dalam bentuk foto X-Ray yang tersekat-sekat.

Heart MRI (Magnetic Resonance Imaging)

MRI menggunakan magnet besar dan gelombang frekuensi radio untuk menghasilkan gambar struktur internal tubuh, ini dilakukan tanpa menggunakan X-Ray. Teknik ini memberikan infromasi tentang denyut jantung, membentuk gambaran jantung dan seluruh siklus pompa jantung.

Untuk menjaga kesehatan dan menghindari masalah jantung yang lebih berbahaya dan kronis, sebaiknya lakukan pemeriksaan secara berkala. Apalagi, jika ada riwayat sakit jantung dalam keluarga B’timers.

Share This Article