Cara Redam Tingkah Menyebalkan Rekan Kerja | Breaktime
Cara Redam Tingkah Menyebalkan Rekan Kerja
09.07.2016

Memasuki dunia kerja artinya B’timers harus siap bertemu dengan orang-orang baru. Tidak semua rekan kerja Anda cocok dengan karakter yang Anda miliki. Beberapa karakter orang mungkin cepat akrab dengan Anda, namun karakter lain ada pula yang menyebalkan sampai rasanya ingin terbebas dari sifat buruknya.

Sayangnya, saat memasuki dunia kerja, Anda dituntut untuk tetap profesional menghadapi setiap masalah. Kali ini, Breaktime akan memberikan sedikit tips ‘membungkam’ rekan kerja B’timers yang menyebalkan dengan cara yang elegan.

Ubah mindset

Beberapa rekan kerja Anda memprovokasi B’timers dengan berbagai kata-kata yang tidak jelas apa maksudnya. Menerima hal tersebut usahakan Anda tersulut amarah. Justru Anda harus bisa berpikir lebih positif di balik sikap menyebalkan rekan kerja.

Misal B’timers dihadapkan pada rekan yang menuntut setiap saat. Daripada berpikir buruk tentangnya, Anda bisa berpikiran mungkin mereka melakukan hal tersebut demi kinerja tim lebih maju. Dengan begitu, B’timers akan lebih kalem dan tidak mudah terprovokasi dengan sikap buruk mereka.

Cara Redam Tingkah Menyebalkan Rekan Kerja | Breaktime
Jangan teprovokasi dengan sikap menyebalkan dari rekan kerja Anda

Berbaurlah

Mayoritas alasan kenapa rekan kerja tidak lelah menebarkan aura jahat kepada Anda adalah karena B’timers tidak bisa berbaur dengannya. Anda terlihat mencolok dalam bidang pekerjaan, seperti paling unggul atau mungkin paling gagal. Nah, perbedaan tersebut menyulut hasrat rekan kerja untuk menganggu Anda.

Coba mulai dengan melakukan introspeksi diri Anda mengenai apa yang sudah B’timers lakukan. Bila Anda menemui kekurangan pada hasil kerja Anda, tingkatkan. Cobalah untuk berbaur lebih dekat dengan mereka dan temukan sebab kenapa mereka berlaku kejam kepada Anda di kantor.

Ungkapkan secara langsung

Setelah Anda berhasil mendekatkan diri dengan rekan kerja yang bertindak keji pada B’timers, saatnya untuk mengungkapkan ganjalan dalam hati Anda. Sampaikan alasan kenapa Anda sempat terganggu dengan sikapnya.

Tidak hanya itu, B’timers juga harus menyampaikan tindakan seperti apa yang Anda inginkan muncul dari dirinya. Sampaikan perlahan dan dengan penuh keyakinan, maka rekan kerja tersebut akan luluh hatinya dan menyadari kesalahannya selama ini.

Cara Redam Tingkah Menyebalkan Rekan Kerja | Breaktime
Ungkapkan isi hati agar dia berubah sambil ditemani aroma hangat kopi

Bila B’timers sudah menggunakan cara tersebut namun tidak membuahkan hasil, ada baiknya Anda tidak terlalu berpikir dalam. Selama tindakan mereka tidak berlebihan dan memberikan dampak negatif pada karir Anda, biarkan saja mereka bertindak sesuka hati. Bagaimana pun keadaannya, profesionalitas harus tetap jalan. Keep up your good work, B’timers! (md)

Share This Article