Cara Mudah Merawat Bunga Tulip di Kebun Rumah! | Breaktime
Cara Mudah Merawat Bunga Tulip di Kebun Rumah Anda
11.04.2016

Bunga tulip, keindahan yang identik dengan negeri kincir angin tersebut selalu dapat membuat Anda terpesona setiap kali melihatnya. Pasti ingin rasanya B’timers membawa keindahan tersebut ke dalam rumah Anda. Nyatanya merawat kebun bunga tulip ternyata tidak sesusah yang Anda bayangkan, lho! Ini cara mudah merawat bunga tulip di rumah:

Tentukan waktu tepat tanam

Tentunya B’timers harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menanam bunga tulip. Indonesia terletak di area khatulistiwa sehingga waktu yang tepat menanam adalah ketika musim kemarau. Setidaknya B’timers harus menanam bibit bunga tulip 8 bulan sebelum turunnya hujan.

Pelajari cara menanam tulip

Setelah menyiapkan lahan tanam dan bibit tulip yang siap untuk ditumbuhkan, B’timers dapat memulai menanamnya. Gunakan pengebor dengan ujung bulat untuk memudahkan Anda menggali lubang tempat tanam. Gali setidaknya dengan kedalaman 6-8 inci dari permukaan tanah sebelum memasukkan bibit bunga tulip.

Cara Mudah Merawat Bunga Tulip di Kebun Rumah! | Breaktime
Masukkan bibit tulip dalam tanah yang sudah Anda gali, ya!

Beri nutrisi yang cukup

Tulip merupakan salah satu bunga yang dapat tumbuh berkembang dengan kekuatannya sendiri. B’timers cukup memberikan pupuk bunga yang dicampur dalam tanah untuk perawatan. Bila Anda ingin memberikan perawatan lebih, berikan pupuk cair yang disemprotkan setiap 3-4 minggu sekali. Cara mudah merawat bunga tulip ini membantu menjaga kesehatan dan kesegaran tulip.

Hindari terlalu banyak menyiram

Sebagai bunga yang mandiri, tulip tidak terlalu membutuhkan banyak air untuk tumbuh kembangnya. B’timers dapat menyiraminya sekali setelah menanam bibit dalam tanah. Anda dapat menyirami kembali setelah mulai muncul tunas daun tulip. Cukup sekali saja dan jangan terlalu sering.

Cara Mudah Merawat Bunga Tulip di Kebun Rumah! | Breaktime
Siram cukup sekali saja setelah mulai tumbuh tunas tulip

Memanen bunga tulip

Wow, setelah menunggu begitu lama tentunya B’timers tidak sabar untuk segera memetik keindahan dari bunga tulip yang Anda tanam. Setelah buka tulip merekah, segera potong batang untuk digunakan berbagai hiasan rumah. Bila Anda menggunakan bibit bunga yang dapat tumbuh kembali, potong dan buang bagian yang melayu dan biarkan tumbuh kembali untuk musim selanjutnya.

Ternyata menanam bunga tulip tidak susah, ya? Dengan kesabaran dan penuh kasih sayang, bunga tulip yang B’timers tanam tentunya akan dapat memiliki kebun rumah indah menawan dihiasi puluhan hingga ratusan batang tulip. Manfaatkan cara mudah merawat bunga tulip dari Breaktime untuk menikmati keindahan tulip di rumah. Let you garden bloom with thousands of tulips! (ft)

Baca juga : SAMBUT MUSIM PANAS DENGAN TIPS MENATA KEBUN INI

Share This Article