Cara Mudah Membersihkan Telinga Tanpa Cotton Bud | Breaktime
Cara Mudah Membersihkan Telinga Tanpa Cotton Bud
24.02.2016

Membersihkan telinga menggunakan cotton bud pada awalnya memang bertujuan untuk membersihkan kotoran telinga. Namun, membersihkan telinga tanpa cotton bud juga bisa dilakukan. Terlebih lagi, kebiasaan membersihkan telinga menggunakan cotton bud ini, menjadi kebiasaan yang berbahaya.

Beberapa orang yang terbiasa membersihkan kotoran telinga menggunakan cotton bud karena faktor kenyamanan, akan mengalami kecanduan dan merasa tak nyaman ketika tidak membersihkan telinganya. Bahkan, sebagian kecil dari mereka juga tak peduli dengan apa yang digunakan untuk membersihkan telinga, seperti jepit rambut, kunci atau kontak, ataupun pena.

Cara Mudah Membersihkan Telinga Tanpa Cotton Bud | Breaktime
Coton bud dapat melukai saluran ataupun gendang telinga

Kotoran telinga bermanfaat

Meskipun terlihat menjijikkan dan memiliki bau yang tidak sedap, sebenarnya kotoran telinga memiliki fungsi yang sangat baik bagi telinga Anda. Cairan ini sebenarnya berfungsi sebagai pelumas sekaligus zat antibakteri yang bermanfaat. Tanpa kotoran telinga, Anda akan merasa tidak nyaman karena telinga terasa kering.

Efek buruk menggunakan cotton bud

Anda mungkin berpikir bahwa kapas yang lembut pada cotton bud tak akan melukai telinga Anda. Padahal, pemakaian yang terlalu sering dan agresif juga dapat merobek kulit di dalam telinga dan menyebabkan terjadinya infeksi.

Selain itu, kemungkinan terburuk robeknya gendang telinga karena cotton bud masuk terlalu dalam dan menusuk gendang telinga juga saja terjadi. Tak hanya itu saja, menggunakan cotton bud juga tidak membersihkan kotoran telinga secara efektif, melainkan mendorongnya semakin masuk kedalam.

Cara Mudah Membersihkan Telinga Tanpa Cotton Bud | Breaktime
Minta dokter spesialis THT untuk membersihkan telinga Anda

Telinga tak perlu dibersihkan

Sebenarnya, kotoran telinga tak perlu dibersihkan sama sekali karena organ ini memiliki sistem pembersihan alami. Bahkan, kotoran telinga juga memiliki gerakan aktif untuk membersihkan saluran telinga dan mengeluarkan kotoran dari telinga Anda. Jadi, biarkan telinga Anda membersihkan dirinya sendiri.

Membersihkan telinga tanpa cotton bud

Lantas, bagaimana cara membersihkan telinga tanpa cotton bud? Anda bisa memanfaatkan dua tetes minyak khusus tetes telinga ataupun baby oil untuk meredakan sensasi gatal yang mungkin muncul. Cara ini, efektif untuk melembabkan kotoran telinga yang mengering.

Selain itu, jika terganggu dengan sensasi gatal yang muncul, Anda juga mengunjungi dokter spesialis THT (Telinga Hidung Tenggorokan) untuk memintanya memberikan perawatan serta membersihkan telinga tanpa cotton bud. Yuk, berhenti gunakan cotton bud! (dfr)

Share This Article