Cara Mudah “Bersahabat” dengan Sakitnya PMS | Breaktime
Cara Mudah “Bersahabat” dengan Sakitnya PMS
27.11.2015

PMS atau Pre-Menstrual Syndrome merupakan salah satu hal pelik yang dihadapi wanita tiap bulannya. Meskipun tidak semua wanita menghadapi gejala PMS, namun, 75% wanita harus menghadapi beberapa bentuk gejala PMS.

Beberapa gejala PMS yang sering terjadi adalah perubahan mood yang menyebabkan kecemasan dan sulit berkonsentrasi, mengidam makanan tertentu, sakit kepala, nyeri otot dan sakit perut, serta beberapa ketidaknyamanan lain seperti kembung, nyeri pada payudara, kram perut, ataupun insomnia. Gejala-gejala ini, tentu sangat mengganggu aktivitas harian Anda. Namun, dengan mengubah kebiasaan, Anda dapat mengalahkan PMS dan berteman dengannya.

Cara Mudah “Bersahabat”  dengan Sakitnya PMS | Breaktime
Tetap aktif dan rutin berolahraga akan menurunkan gejala PMS

Olahraga

Biasakan diri untuk berolahraga secara rutin tiap hari. Lakukan minimal 30 menit dalam sehari atau 3 kali dalam seminggu. Olahraga dapat meringankan gejala PMS yang Anda rasakan.

Cukup tidur

Kelelahan sangatlah berpengaruh terhadap apa yang B’timers rasakan saat PMS. Untuk itu, segeralah tidur ketika tubuh merasa begitu lelah. Jika memungkinkan, cobalah tidur siang di sela-sela jam istirahat. Anda juga dapat mengurangi beban pekerjaan agar tubuh tak terlalu lelah.

Perhatikan makanan

Ketika gejala PMS menyerang, tengok kembali apa saja yang telah Anda konsumsi. Sebaiknya hindari asupan kafein, alkohol, dan makanan asin ketika PMS menyerang. Anda juga dapat lebih sering mengonsumsi makanan kecil ketika sakit perut menyerang. Makanan kecil akan membuat Anda kenyang tanpa menambah tekanan pada perut Anda.

Cara Mudah “Bersahabat”  dengan Sakitnya PMS | Breaktime
Gunakan vitamin untuk mengatasi PMS

Cukupi asupan vitamin

PMS bisa menyerang dengan mudah karena Anda kekurangan vitamin dan mineral tertentu, untuk itu cukupi asupannya untuk menurunkan gejala PMS. Setidaknya, ada 4 macam vitamin dan mineral yang Anda butuhkan, yakni kalsium, magnesium, vitamin E, dan vitamin B6. Asupan vitamin dan mineral yang cukup akan membantu Anda mengatasi PMS dengan mudah.

Rileks

Tidak semudah kedengarannya memang untuk dapat merilekskan tubuh. Namun, jika Anda mau mempelajari tekniknya, bukan tak mungkin merilekskan tubuh dengan mudah. Anda bisa mencoba teknik yoga, pernapasan, atau pun meditasi untuk membuat tubuh lebih rileks.

Gunakan obat-obatan

Jika benar-benar tak tahan terhadap gejala PMS, Anda dapat mengatasinya menggunakan obat-obatan, seperti pereda nyeri. Namun, untuk mendapatkan obat yang tepat dan sesuai kebutuhan, sebaiknya konsultasikan pada dokter terlebih dahulu.

Cara-cara mudah tersebut, bisa dibilang ampuh untuk mengatasi PMS dengan mudah. Yuk, coba! (dfr)

Share This Article