Cara Mudah Cegah Migrain, Ini Tipsnya | Breaktime
Cara Mudah Cegah Migrain, Ini Tipsnya
26.02.2016

Migrain atau sakit kepala sebelah memang sangat mengganggu aktivitas. Rasa sakit yang tak tertahankan akibat migrain, juga dapat menyebabkan rasa ngilu di bagian mata atau bahkan sakit gigi. Lantas, adakah cara mudah cegah migrain? Berikut ulasannya.

Penyebab migrain

Migrain diawali adanya pelatuk yang dirasakan otak. Hal ini, kemudian menyebabkan pembuluh darah di dahi mulai membengkak. Pembengkakan pembuluh darah, menyebabkan serabut saraf di sekitarnya melepaskan zat kimia yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan.

Sayangnya, reaksi yang terjadi di serabut saraf ini hanya akan menyebabkan pembuluh darah makin membesar serta membuat rasa sakit semakin buruk dan menjadi-jadi. Reaksi ini akan terjadi selama satu hingga dua jam, sebelum mencapai ambang batas baru.

Setelah satu atau dua jam, rasa sakit atau reaksi nyeri akan mulai menyebar ke seluruh bagian kepala, leher, serta tulang belakang. Saat ini terjadi, sentuhan atau sedikit gerakan pun akan menyebabkan sakit. Bahkan, aliran darah di otak juga dapat memperparah rasa sakit.

Tak hanya itu, reaksi ini juga mengganggu kinerja sistem pencernaan dan memicu timbulnya bahan kimia saraf. Zat kimia inilah yang selanjutnya bertanggung jawab atas rasa mual, muntah, bahkan menjadi penyebab diare, serta tangan dan kaki dingin.

Cara Mudah Cegah Migrain, Ini Tipsnya | Breaktime
Perubahan hormone menjelang menstruasi bisa menjadi penyebab migrain

Migrain, hormon, dan gaya hidup

Migrain umumnya terjadi pada gadis remaja dan wanita dewasa, meskipun beberapa anak laki-laki dan pria dewasa juga mengalaminya. Hal ini sebenarnya dipengaruhi oleh kadar hormon estrogen yang menurun beberapa hari sebelum periode menstruasi.

Selain itu, gaya hidup dan lingkungan juga bisa menjadi pemicu migraine. Perubahan cuaca, cahaya terlalu terang, masalah tidur, kafein, keju, MSG, dan aspartam merupakan pemicu potensial terjadinya migrain meskipun berbeda pada setiap orang.

Cara Mudah Cegah Migrain, Ini Tipsnya | Breaktime
Kafein merupakan pemicu potensial migrain

Mencegah migrain

Cara mudah cegah migrain sebenarnya bisa dilakukan oleh obat-obatan tertentu. Hanya saja, obat-obatan ini juga memiliki efek samping yang mungkin saja tidak diinginkan, seperti mati rasa, kenaikan atau penurunan berat badan, serta efek kognitif pada beberapa kasus.

Oleh karena itu, untuk mencegah migrain sebaiknya dilakukan dengan memanfaatkan suplemen seperti magnesium, riboflavin atau vitamin B2, serta koenzim Q10. Meskipun mengonsumsi suplemen termasuk cara mudah cegah migrain, namun ada aturan yang harus dipatuhi.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda harus mengonsumsi 500 mg magnesium setiap hari selama tiga bulan, atau 400 mg riboflavin tiap hari, atau 150 mg koenzim Q10 tiap hari. Diantara ketiganya, magnesium memiliki efek paling kuat dalam mencegah migrain.

Sedangkan Anda yang memiliki kecenderungan diare, sebaiknya mengonsumsi vitamin B2 ataupun suplemen yang menggabungkan magnesium, vitamin B2 dan penurun demam. Sementara itu, koenzim Q10, bisa Anda dapatkan dengan harga yang lebih mahal. (dfr)

Share This Article