Cara Merawat Rambut Rontok ala Hijabers | Breaktime
Cara Merawat Rambut Rontok ala Hijabers
14.09.2017

Rambut rontok merupakan salah satu masalah klasik bagi wanita, tak terkecuali bagi hijabers sekalipun. Bagaimana bisa kecantikan rambut sebagai mahkota kepala Anda akan tetap terjaga apabila rambut Anda rapuh dan mudah rontok? Tak hanya bagi wanita berambut rapuh, Ladies yang sehari-hari mengenakan jilbab hampir bisa dipastikan mengalami masalah rambut rontok yang sama parahnya. Bukan tidak mungkin rambut rontok Anda akan semakin parah apabila terus dibiarkan bahkan dapat berujung pada kebotakan.

Tentunya memakai kerudung bukan jadi alasan B’timers tak memperhatikan kesehatan rambut Anda kan? Setelah seharian menaati aturan agama dengan mengenakan hijab saat beraktivitas di luar rungan, B’timers tentu ingin kembali ke rumah dengan kondisi rambut sehat dan tetap cantik menawan. Rupanya, masalah rambut rontok terbilang umum terjadi bagi wanita hijabers, terutama bagi yang berambut panjang. Lalu adakah cara merawat rambut rontok khusus bagi wanita berhijab?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini 3 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Perawatan rambut terpenting yang harus dilakukan oleh seorang hijabers ialah mencuci rambut secara rutin. Setelah ditutup kain kerudung sepanjang hari, rambut wanita berhijab cenderung lembab dan lepek. Tak hanya berbau tak sedap, rambut berhijab yang jarang keramas akan mudah berketombe sehingga mudah rontok. B’timers tentunya tak disarankan untuk keramas tiap hari karena akan menghilangkan minyak yang diproduksi secara alami oleh kulit kepala. Keramas 2 hari sekali marupakan keputusan paling tepat bagi wanita berjilbab, apalagi ditambah dengan penggunaan sampo khusus rambut berhijab yang dijamin mengandung formulasi istimewa bagi rambut Anda yang lebih banyak tertutup.

Selain rutin keramas, B’timers sebaiknya juga melakukan perawatan khusus bagi mahkota kepala Anda. Setelah dicuci 2 hari sekali, luangkan waktu khusus di sela rutinitas untuk memanjakan rambut Anda dengan mengaplikasikan vitamin rambut maupun minyak rambut alami seperti minyak kelapa atau minyak kemiri. Oleskan minyak rambut alami tersebut mulai dari ujung rambut hingga kulit kepala sambil melakukan pijatan perlahan untuk memberi sensasi rileks. Diamkan hingga 30 menit lalu bilas rambut Anda hingga bersih. Lakukan perawatan khusus rambut berjilbab ini selama seminggu sekali atau lebih sering, tergantung pada tingkat keparahan rambut rontok yang B’timers alami. 

Cara Merawat Rambut Rontok ala Hijabers | Breaktime
Meski tertutup, rambut berhijab Anda juga harus diperhatikan kesehatannya
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Manfaat Air Kelapa Untuk Kejantanan Pria

Selain mengandalkan produk perawatan rambut yang telah banyak beredar di pasaran, B’timers juga bisa kok back to nature dan kembali ke perawatan alami. Tak hanya lebih hemat dan bebas bahan kimiawi, penggunaan tanaman lidah buaya asli juga memungkinkan Anda untuk mengeruk manfaat alami dari lendir tanaman tersebut. Gunakan lendirnya untuk dioleskan secara bagian kulit kepala hingga ujung helaian rambut. Lakukan pijatan ringan untuk mempermudah proses penyerapan nutrisi lidah buaya. Bilas hingga bersih setelah Anda mendiamkan getahnya di rambut Anda selama 15 hingga 30 menit.

Selain rutin mencuci dan memberi perawatan ekstra, cara merawat rambut rontok bagi hijabers juga dapat dilakukan dengan memperhatikan kebersihan penutup kepala Anda. Jagalah kesehatan rambut Anda dengan mengganti kain kerudung setiap harinya. Selain menghindari bau, rajin berganti jilbab sesering mungkin juga dijamin dapat mengurangi kerontokan rambut Anda. Selain kerudung, ciput juga tak kalah penting untuk diperhatikan oleh wanita berjilbab. Pilihlah bahan ciput yang lembut, menyerap keringat, serta tak terlalu ketat. Tak lupa, ciput juga harus rutin diganti seperti kain kerudung.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Intip Tips Ampuh Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Perawatan ekstra bagi rambut rontok, check. Memperhatikan kualitas kerudung dan ciput, check. Hal selanjutnya yang tak boleh ketinggalan bagi wanita berhijab ialah menjaga asupan makan. Ternyata, makanan tertentu yang kaya akan kandungan protein dan vitamin B, seperti sereal gandum, roti, daging merah, kuning telur, kacang-kacangan, jagung manis, maupun aneka sayuran hijau terbukti mampu menutrisi rambut dari dalam sehingga menjadi kuat dan tidak mudah rontok.

Cara merawat rambut rontok bagi hijabers yang terakhir ialah dengan memperhatikan jenis sisir serta ikat rambut yang Anda gunakan. B’timers tak perlu takut menyisir rambut meski rambut berhijab Anda mudah rontok. Caranya, pilihlah sisir bergigi jarang untuk menyisir rambut Anda agar tidak kusut dan malah semakin mudah rontok. Selain itu, rambut berhijab juga tidak boleh diikat terlalu kencang agar tidak mudah rontok dan lembab berketombe. Semoga rambut berhijab Anda tetap sehat memesona ya, Ladies!  (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE