Cara Menyusui yang Benar Agar Bayi Tak Tersedak | Breaktime
Cara Menyusui yang Benar Agar Bayi Tak Tersedak
26.08.2016

Tersedak pada bayi sering terjadi khususnya untuk bayi yang berusia kurang dari enam bulan. Hal ini dikarenakan refleks menelan si bayi belum sempurna. Oleh karena itu untuk para ibu sangat penting memperhatikan cara menyusui yang benar agar bayi tak tersedak.

Saat menyusui, pastikan bayi dan ibu dalam keadaan yang rileks dan nyaman. Posisi kepala bayi harus lebih tinggi dibandingkan tubuhnya, agar bayi lebih mudah menelan. Ibu dapat menyangga dengan tangan ataupun mengganjal dengan bantal.

Pastikan mulut bayi menempel pada puting payudara dan area bawah puting payudara, usahakan selebar mungkin. Tanda jika posisi bayi sudah baik dan benar maka ibu tidak akan merasakan nyeri saat bayi sedang menyusu.

Cara Menyusui yang Benar Agar Bayi Tak Tersedak | Breaktime
Ibu dan Bayi Lucu

Berikut beberapa cara menyusui yang benar agar bayi tak tersedak :

  • Posisi Mendekap (Cradle)

Posisi ini baik untuk bayi yang baru lahir. Letakkan bayi di perut Anda, biarkan tubuhnya menghadap kea rah Anda, dan letakkan kepala bayi di siku Anda.

  • Posisi Mendekap Silang (Cross Cradle Hold)

Satu lengan menopang tubuh bayi dan yang lain menopang kepala bayi, posisi ini mirip dengan posisi menyusui dengan duduk tetapi Anda akan memiliki kontrol lebih besar atas kepala bayi.

  • Posisi Pencekeram atau Sepakbola (Football Hold)

Pegang bayi di samping Anda dengan kaki di belakang Anda dan bayi terselip di bawah lengan Anda, seolah-olah Anda sedang memegang bola kaki. Posisi ini baik untuk ibu yang melahirkan dengan cara Caesar. Untuk posisi ini Anda membutuhkan bantal untuk menopang bayi.

  • Posisi Berbaring (lying Position)

Pada posisi ini Anda harus menopang tubuh dan kepala bayi dengan bantal. Pastikan bahwa perut bayi menyentuh Anda.

Itu tadi cara menyusui yang benar agar bayi tak tersedak, B’timers. Semoga bermanfaat, ya.(naf)

 

Share This Article