Cara Menjaga Kesehatan Tubuh saat Musim Penyakit | Breaktime
Cara Menjaga Kesehatan Tubuh saat Musim Penyakit
30.08.2017

B’timers yang bekerja maupun sering beraktivitas di luar ruangan tentunya sering merasa paranoid saat memasuki musim pancaroba maupun musim penyakit. Hujan deras yang turun sepanjang hari disertai dengan banyaknya orang di sekitar Anda yang bersin dan batuk-batuk. Ya, pergantian cuaca yang ekstrem akibat peralihan musim seringkali diiringi dengan banyaknya penyakit yang bermunculan seperti flu. Agar tak ketakutan berlebihan, terdapat beberapa cara menjaga kesehatan tubuh yang disarankan langsung oleh pakar kesehatan berikut ini.

Tips termudah untuk tetap fit dan sehat di tengah gempuran cuaca ekstrem dan virus penyakit ialah rutin minum air putih. Semakin banyak B’timers minum air putih, cairan mucus Anda akan tetap encer dan sinus Anda akan tetap terbuka dan tidak mudah tersumbat. Dokter Tim Horrigan, MD, FAAFP, kepala petugas medis di Rumah Sakit Allen sekaligus pakar kesehatan dari UnityPoint.org menyarankan bahwa banyak minum air putih dapat mencegah kulit Anda kering dan pecah-pecah.

Kedua, B’timers juga harus waspada bahwa gejala bersin-bersin dapat disebabkan oleh alergi debu. Apabila Anda menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan karpet maupun lingkungan rumah, Anda harus senantiasa membersihkan bagian dalam penyedot debu Anda, terutama pada saat musim kemarau maupun pancaroba untuk mencegah timbulnya hidung tersumbat maupun mata berair akibat gejala flu. B’timers juga bisa lho mencegah flu maupun alergi debu dengan cara rajin membersihkan kasa penyaring debu pada bagian atas pintu maupun jendela di rumah Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ketahui Penyebab Penyakit Ginjal Akut

Hal sederhana lainnya yang dapat Anda lakukan sebagai cara menjaga kesehatan tubuh pada saat musim penyakit ialah demngan membawa pulpen Anda sendiri saat bepergian. Meski sepele. Menggunakan pena milik umum seperti saat di bank maupun kasir rumah makan rupanya dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit lho! Kok bisa? Rupanya, pulpen yang digunakan di tempat umum dapat menyimpan sejumlah besar bakteri penyebab penyakit. Bakteri tersebut akan tersalurkan dari satu tangan ke tangan lainnya, dari orang yang sakit hingga menular ke orang yang sedang sehat sekalipun. Karena itulah, Dokter Dan Glascock, MD, dokter swasta dari Cedar Falls, Iowa menyarankan bahwa membawa sendiri pulpen Anda merupakan sebuah upaya bijak untuk mencegah penularan penyakit dari hal yang paling kecil dan sederhana.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jangan Percaya Mitos Penghilang Komedo Alami Ini

Gerakan mencuci tangan secara rutin, bahkan dengan sabun untuk menjaganya tetap bersih, semakin sering digalakkan di berbagai negara. Cucilah tangan Anda dengan menggunakan sabun dan air mengalir, lalu gosok-gosok hingga bersih selama setidaknya 20 detik. Dokter Gati Nirajan Dhroove, MD mengutarakan bahwa memastikan kebersihan kedua tangan Anda dapat menjadi satu langkah penting untuk menghindari menempelnya bakteri dan virus berbahaya. B’timers juga bisa lho membawa botol kecil berisi hand sanitizer berupa cairan alkohol pembersih tangan saat bepergian ke mana saja. Meski tangan Anda telah bersih, Anda sebaiknya menghindari menyentuh wajah Anda terlalu sering karena wajah merupakan salah satu sarang bakteri yang dapat masuk ke perut dan tubuh Anda melalui jari tangan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Berhenti Minum Alkohol Demi Diet, Haruskah?

Tips lainnya untuk menjaga kesehatan tubuh ialah dengan rutin melakukan exercise. Selain mengkonsumsi menu diet sehat, exercise rutin juga sangat penting untuk mempertahankan kondisi tubuh agar tetap fit. Dokter Colleen Kennedy, MA, RD, LDN, menambahkan bahwa exercise rutin setiap harinya dapat membantu meningkatkan aliran darah serta memastikan bahwa sirkulasi sel imun tetap lancar untuk mencegah tubuh Anda terjangkit penyakit. 

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh saat Musim Penyakit | Breaktime
Makanan sehat dan multivitamin tidak boleh ketinggalan untuk dikonsumsi

Hal utama yang perlu Anda lakukan untuk tetap sehat dan terhindar dari penyakit ialah dengan memastikan diri Anda berada sejauh mungkin dari orang sakit. Apabila Anda merasa bahwa kondisi tubuh Anda sedang drop dan rentan sakit, Anda sebaiknya menghindari untuk menjenguk ke rumah sakit/ penyakit yang nampak sepele seperti flu juga dapat dihindari apabila Anda tidak berdekatan dengan orang yang tengah mengidap flu. Dokter Jake Cornwell, MD, dokter medis tingkat regional dari CareWell Urgent Care menambahkan bahwa begitu Anda mendapati seseorang bersin atau batuk, Anda sebaiknya segera menghindar karena flu dapat menular melalui udara dan interaksi jarak dekat. B’timers juga disarankan untuk menjaga kebersihan hunian maupun ruangan kerja Anda. Anda juga bisa lho menjaga kebersihan kubikel kerja Anda dengan rutin mengelap setiap permukaan meja dengan membutakan tisu basah desinfektan. Anda juga perlu mengalokasikan waktu khusus untuk membersihkan ruangan sarang penyakit, seperti kamar mandi dan dapur.

Terakhir, cara menjaga kesehatan tubuh paling ampuh yang dapat B’timers lakukan ialah dengan senantiasa makan makanan bergizi, minum multivitamin sesuai kebutuhan, serta tidur cukup. Semoga Anda senantiasa sehat ya! (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE