Cara Mengurangi Kolesterol Kilat, Begini Nih! | Breaktime
Cara Mengurangi Kolesterol Kilat, Begini Nih!
04.06.2017

B’timers, bagi orang awam ketika mendengar kata ‘kolesterol’ pasti akan langsung disambungkan dengan artian yang negatif. Bahkan Anda pun tidak terkecuali akan ikut berpikir bahwa kolesterol selalu membawa dampak buruk pada kesehatan siapa saja. Padahal, usut punya usut kolesterol ternyatatidak pernah absen diproduksi oleh tubuh di setiap harinya. Pasalnya, kolesterol merupakan sejenis lemak yang menjadi sumber energi bagi tubuh manusia. 

Cara Mengurangi Kolesterol Kilat, Begini Nih! | Breaktime
kenali jenis kolesterol dalam tubuh Anda

Kolesterol sendiri dikategorikan ke dalam dua macam golongan, yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol baik disebut juga dengan sebutan HDL alias high-density lipoprotein. Jenis kolesterol ini faktanyaamat dibutuhkan oleh tubuh guna membantu produksi berbagai macam hormon serta kumpulan neuron dan membran sel. HDL juga berperan penting dalam menjaga tekanandarah agar senantiasa stabil.Terdapat pula si kolesterol jahat yang dikenal pula dengan sebutan low-density lipoprotein alias LDL. Berbeda dengan HDL, LDL justru sarat akan efek merugikan seperti dapat menyebabkan pembekuan darah di dalam pembuluh yang memicu darah tinggi, stroke dan penyakit jantung.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Waspada dengan Meningkatnya Kolesterol Jahat, ya

Mengerikan ya , B’timers? Lalu apa yang bisa dilakukan agar Anda senantiasa terhindar dari ganasnya si LDL tersebut? Well, worry no more sebab pada kesempatan kali ini Breaktime akan merangkum sederet cara mengurangi kolesterol jahat yang banyak ditakuti oleh semua kalangan. Rangkaian cara ini pun dijamin tak susah untuk dilaksanakan asalkan Anda benar-benar konsisten berniat menjalani gaya hidup sehat.

So, langkah pertama yang mutlak untuk Anda lakukan ialah menyortir jenis makanan sehari-hari Anda. Apabila umumnya Anda terbiasa melahap aneka makanan cepat saji maupun junk food, maka mulai sekarang gantilah dengan mengonsumsi makanan tinggi kandungan Omega-3.Jajaran makanan sumber protein seperti ikan salmon dan ikan haring adalah salah satunya. Kacang-kacangan seperti kacang almond dan walnuts juga tidak kalah lho dalam menyediakan kandungan Omega-3 yang berlimpah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
6 Sebab Umum Buat Kadar Kolesterol Darah Naik

Makanan yang banyak menyimpan kebaikan Omega-3 dipercaya mampu mendorong kenaikan produksi HDL pada tubuh Anda. Sementara itu, dengan adanya kadar HDL yang tinggi maka akan semakin mudah bagi tubuh untuk memerangi keberadaan koloni LDL. Makanan lain yang tak ketinggalan ampuh dalam membasmi kolesterol LDL juga dapat ditemukan pada golongan makanan berserat seperti oats, buah-buahan hingga sayuran hijau.

Cara Mengurangi Kolesterol Kilat, Begini Nih! | Breaktime
Salmon yang tak hanya lezat namun juga kaya Omega-3

Cara mengurangi kolesterol jahat selanjutnya adalah kurangi konsumsi minyak goreng yang mengandung lemak jenuh tinggi. Sebagai alternatifnya, Anda bisa banget mengonsumsi minyak zaitun maupun minyak kanola yang tentu akan mengembalikan kadar kolesterol Anda pada angka yang berimbang.

Nah, tak hanya harus peduli soal makanan yang masuk ke dalam tubuh, Anda pun wajib rajin berolahraga  agar si LDL senantiasa jauh dari kehidupan Anda. Bila Anda tidak memiliki penyakit atau keadaan fisik tertentu lainnya, maka disarankan untuk berolahraga setidaknya 30 menit dalam sehari. Lakukan saja olahraga yang ringan nan simpel seperti jalan kaki, bersepeda, berenang atau bermain olahraga favorit seperti permainan tenis hingga sepak bola.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara dan Langkah Mudah untuk Turunkan Kolesterol

Manfaat yang didapat pun tak hanya kadar kolesterol LDL yang rendah lho, B’timers. Anda pun bahkan bisa menyambut berat badan yang ideal dengan melakukan aktivitas olahraga rutin semacam ini. Wah, ini baru namanya win-win solution.

Cara mengurangi kolesterol jahat yang terakhir adalah  jika Anda adalah seorang perokok, maka berhentilah mulai sekarang. Rokok sejatinya menghambat level produksi HDL yang berdampak pada peningkatan tingkat pertumbuhan LDL di dalam tubuh. Oleh karena itu, jangan pernah segan untuk mematikan rokok Anda segera. (kps)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE