Cara Mengobati Sakit Kepala ala Natural Remedies | Breaktime
Cara Mengobati Sakit Kepala ala Natural Remedies
26.10.2017

Cara mengobati sakit kepala yang termudah tentunya dengan mengkonsumsi aspirin atau obat pereda sakit kepala lainnya. Sayangnya, konsumsi bahan kimiawi semacam itu sudah pasti mengandung risiko jangka panjang yang tak sedikit. Sakit kepala biasanya terjadi dengan gejala berbeda pada setiap individu, namun secara umum berupa rasa sakit yang menjalir dari kulit kepala, leher, hingga bahu. Sakit kepala juga bisa muncul berupa migrain yang merupakan denyutan tak nyaman di salah satu sisi kepala. B’timers juga bisa mengkonsumsi diet harian untuk mencegah sakit kepala dengan cara banyak minum air putih dan menghindari MSG, kafein, alkohol, phenylethylamine yang terdapat pada keju dan coklat, tyramine yang terdapat pada kacang dan fermentasi kedelai, hingga aspartame yang banyak terdapat pada pemanis makanan buatan.

Selain menjaga pola makan sehat, berbagai treatment alami berikut ini juga bisa Anda lakukan ketika sakit kepala melanda. Bahan herbal yang sering diandalkan untuk meringankan gejala sakit kepala ialah jahe. Jahe dapat membantu mengurangi peradangan pembuluh darah di kepala dan mengurangi rasa sakit yang diakibatkan, hingga meredakan sensasi mual yang sering mengiringi sakit kepala karena kandungan alami pada jahe dapat merangsang proses pencernaan. B’timers bisa mengkonsumsi teh rendaman jahe atau campuran jahe parut dengan air lemon dua kali sehari. Anda juga bisa mengoleskan larutan bubuk jahe di dahi untuk meredakan sakit kepala segera. 

Cara Mengobati Sakit Kepala ala Natural Remedies | Breaktime
Kombinasi teh lemon dan jahe menjadi obat herbal untuk mengatasi sakit kepala

Selain minuman herbal, cara mengobati sakit kepala juga bisa Anda lakukan dengan menghirup berbagai minyak aromaterapi berbahan herbal. Aroma menyegarkan dari peppermint oil dapat membantu melancarkan pembuluh darah tersumbat yang seringkali menjadi penyebab utama sakit kepala. Peppermint oil juga mengandung menthol yang dapat membantu melancarkan peredaran darah di tubuh. Tuangkan tiga tetes peppermint oil pada sesendok makan almond oil lalu oleskan dan pijatkan pada dahi maupun leher yang terasa sakit. Selain menempelkan tumbukan daun peppermint pada dahi, Anda juga bisa membuat sajian teh herbal berbahan sesendok makan daun peppermint kering ke dalam segelas air mendidih.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sakit Kepala Belakang, Sepele tapi Mengganggu

Tak hanya peppermint oil, minyak lavender juga bisa digunakan untuk meringankan gejala sakit kepala. Aromanya yang harum akan memberikan efek menenangkan jika dihirup. Karena minyak lavender tidak dapat diminum, Anda bisa menuangkan beberapa tetes minyak lavender pada segelas air mendidih sebelum dihirup uapnya. Pijatan di dahi menggunakan minyak lavender yang telah dicampur dengan almond oil atau minyak zaitun juga dapat mengurangi rasa sakit kepala dengan mudah. Menariknya, Anda juga bisa menambahkan minyak lavender dan peppermint oil pada bak mandi Anda sebelum digunakan untuk berendam. Tak hanya meringankan sakit kepala, larutan tersebut akan membantu mengalirkan darah ke kaki dan memberikan sensasi rileks.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Serba-serbi Sakit Kepala Sebelah
Cara Mengobati Sakit Kepala ala Natural Remedies | Breaktime
Kompres air dingin maupun air panas juga manjur untuk menangani sakit kepala

Mengompres leher dengan air es juga bisa menjadi cara mengobati sakit kepala yang cukup sederhana. Sensasi dingin tersebut dapat menyamarkan rasa nyeri sekaligus meredakan peradangan pembuluh darah yang menyebabkan gejala sakit kepala. selain air dingin, air panas yang digunakan untuk emrendam kaki juga dapat membantu B’timers mengurangi pusing. Rasa sakit kepala yang cukup parah juga bisa diatasi dengan menambahkan bubuk mustard pada rendaman air panas tersebut. Kompresan air panas maupun air dingin juga bisa dilakukan pada dahi selama lima menit secara berulang kali demi hasil yang maksimal.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Obat Penurun Berat Badan dari Herbal dan Bumbu

Selain berbagai obat herbal di atas, B’timers juga bisa melakukan beberapa gerakan latihan fisik ringan untuk meregangkan kepala maupun leher serta mengurangi intensitas rasa sakit kepala. Gerakkan dagu Anda ke arah atas dan bawah, kanan dan kiri, lalu letakkan kepala Anda miring ke arah setiap pundak. Selanjutnya, putar kepala Anda searah dan berlawanan arah dengan jarum jam secara bergantian untuk relaksasi. Beberapa teknik latihan yoga seperti pose camel juga dapat meringankan sakit kepala serta mengurangi otot tegang di area kepala. Dengan berbagai home remedies dan latihan ringan tersebut, semoga sakit kepala Anda lekas sembuh ya, B’timers (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE