Cara Menghilangkan Bau Kaki Yang Efektif | Breaktime
Cara Menghilangkan Bau Kaki Yang Efektif
07.12.2016

Pernahkah Anda memasuki sebuah ruangan dimana Anda harus melepaskan alas kaki Anda dan bau yang tidak sedap menguar dari kaki Anda? Tentunya Anda merasa malu dan tidak nyaman, apalagi jika orang-orang di sekitar Anda mengernyitkan dahi dan menutup hidung karena merasa terganggu dengan bau kaki Anda. Sama seperti bau badan, kaki yang bau juga sangat mengganggu orang-orang dan membuat Anda merasa minder. Dan mungkin Anda telah mencari beberapa cara menghilangkan bau kaki yang efektif sehingga Anda tidak perlu merasa paranoid ketika memasuki ruang rapat atau saat bertemu dengan klien.

Satu hal yang harus diperhatikan sebelum mencari cara menghilangkan bau kaki adalah dengan mengetahui bagaimana bau kaki terjadi. Seperti organ kulit di bagian tubuh Anda yang lain, kulit kaki pun bernapas melalui pori-pori kulit. Apabila kulit tidak mendapatkan sirkulasi udara yang cukup, maka suhu kulit pun akan menjadi panas dan mengeluarkan keringat. Nah, keadaan lembab yang disebabkan oleh keringat tersebutlah yang menjadi lahan berkembangbiaknya bakteri-bakteri dan kuman yang menyebabkan kaki menjadi bau.

Baca juga : TAK PEDE GARA-GARA BAU KAKI? ATAS DENGAN CARA INI!

Cara termudah dalam mengatasi bau kaki adalah dengan rajin mengganti sepatu dua kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk mencuci sepatu dan kaos kaki secara rutin untuk menghilangkan keringat dan bakteri yang menumpuk di dalam sepatu. Dan apabila Anda termasuk orang yang sering atau suka mengenakan kaos kaki, belilah kaos kaki dengan bahan dasar katun. Karena seperti yang telah Anda tau, kain katun adalah jenis kain dengan pori-pori kain yang lebar sehingga memudahkan sirkulasi udara. Dengan sirkulasi udara yang lancar, Anda tidak hanya merasa sejuk dan nyaman saat mengenakan sepatu, keadaan kaki pun senantiasa dalam keadaan kering dan mempersulit tumbuhnya bakteri.

Cara Menghilangkan Bau Kaki Yang Efektif | Breaktime
Berantas bau kaki dengan buah lemon!

Jika Anda adalah tipe orang yang mudah sekali berkeringat, Anda dapat menyelipkan kertas tissue pengering ke dalam sepatu atau kaos kaki Anda sebelum mengenakannya. Kertas tersebut berfungsi sebagai penyerap keringat sehingga mencegah keadaan kaki atau sepatu yang lembap. Dan jangan lupa untuk memastikan bahwa kuku-kuku kaki Anda dalam keadaan terpotong rapi. Karena kuku yang panjang menjadi sarang dari kotoran-kotoran yang mengundang tumbuhnya bakteri.

Selain tips-tips di atas, Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alternatif untuk membantu menghilangkan bau pada kaki. Anda dapat merendam kaki Anda ke dalam larutan air dan baking soda. Fungsi dari larutan tersebut adalah untuk membantu mengurangi jumlah bakteri yang ada di kaki. Anda dapat melakukannya setelah Anda pulang dari kantor sembari beristirahat.

Selain itu, jika Anda memiliki obat kumur cair di rumah Anda dapat memanfaatkannya untuk perawatan kaki. Mengherankan? Walaupun mungkin sekilas terdengar aneh, komposisi dari obat kumur tersebut ternyata juga dapat mengusir bakteri-bakteri penyebab bau kaki. Dan jika Anda merasa lebih percaya diri dengan menggunakan produk-produk alam, Anda dapat merendam kaki Anda ke dalam air yang berisi perasan jeruk lemon atau jeruk nipis. Kandungan asam tinggi yang ada di dalam buah berasa masam ini akan membunuh bakteri-bakteri yang ada di kaki Anda. Selain itu, kulit kaki Anda pun jadi terlihat lebih cerah dan tidak kusam. Menaburi sepatu dengan kopi hitam pun menjadi salah satu metode yang efektif untuk mengusir bau kaki. Caranya adalah dengan menaburkan bubuk kopi hitam ke dalam sepatu Anda secara merata dan diamkan selama 15-20 menit sebelum Anda membersihkan kopi bubuk tersebut.

Demikianlah cara menghilangkan bau kaki yang dapat Anda praktekkan di rumah. Semoga membantu Anda, B’Timers!  (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE