Cara Mengecilkan Amandel dengan Bahan Sederhana | Breaktime
Cara Mengecilkan Amandel dengan Bahan Sederhana
11.01.2017

Anda pernah mengalami pembengkakan pada amandel, B’timers? Well, rasa sakit yang ditimbulkannya menyebabkan kita sulit menelan makanan maupun minuman. Dan ketika mendengar pembengkakan di amandel, yang dibayangkan adalah anak dengan kelenjar pada leher yang bengkak dan harus dioperasi untuk mengangkat amandel tersebut. Tapi adakah cara mengecilkan amandel tanpa operasi?

Well, pembengkakan amandel merupakan sebuah bentuk peradangan yang terjadi di sepasang kelenjar getah bening yang terletak di bagian belakang tenggorokan kita, B’timers. Tahukah Anda apa fungsi dari amandel? Amandel memiliki tugas yaitu untuk menjaga mikroba tak masuk ke dalam tubuh manusia. So, tidaklah mengherankan jika pada suatu waktu amandel mengalami infeksi.

Biasanya pembengkakan pada amandel disebabkan oleh bakteri streptokokus. Dan apabila amandel kita mengalami pembengkakan, tindakan medis, seperti contohnya pemberian antibiotik pun dilakukan. Dan apabila pembengkakan terus berlanjut, maka tidak ada pilihan lain, operasi pengangkatan amandel akan dilakukan. Namun hal ini justru berdampak pada risiko mudahnya bakteri masuk dalam tubuh.

Beberapa tanda dan gejala dari pembengkakan amandel yang bisa Anda ketahui adalah, seperti berikut ini, B’timers:

  • Sakit tenggorokan
  • Amandel ebrwarna merah dengan bintik putih atau kuning
  • Kesulitan menelan, hingga terasa sakit
  • Bau mulut
  • Demam, panas dingin
  • Sakit kepala
Cara Mengecilkan Amandel dengan Bahan Sederhana | Breaktime
Pembengkakan amandel sebabkan sulit menelan. Photo by www.google.com

Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa tanda dari gejala di atas, sebaiknya segera melakukan konsultasi medis untuk mendapatkan bantuan. Namun ternyata operasi pengangkatan amandel tidak selamanya menjadi jalan terakhir yang bisa Anda tempuh, kok. Berikut ini cara mengecilkan amandel dengan cara sederhana yang perlu Anda ketahui, B’timers!

Baca juga : 

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan kelembaban di lingkungan tempat tinggal Anda. Cara sederhana ini akan membantu menenangkan iritasi yang disebabkan oleh udara yang kering. Tak hanya itu saja, B’timers. Anda juga dapat duduk ebrsandar dengan wastafel atau wadah yang diisi air panas, untuk mengeringkan sinus dan menenangkan radang pada amandel.

Setelah itu, Anda bisa berkumur dengan larutan garam yang diseduh dengan air hangat. Lakukan hal ini beberapa kali dalam sehari. Air garam terbukti bisa membantu mengurangi rasa sakit pada tenggorokan karena pembengkakan amandel. Cukup larutkan 1 sendok teh garam dengan 8 sendok makan air hangat untuk membuat larutan air garam.

Hindari mengonsumsi minuman panas, karena justru akan memperparah pembengkakan pada amandel Anda. Sebaiknya perbanyak minum minuman hangat, seperti teh, kaldu atau air mineral hangat untuk meringankan rasa tidak nyaman karena pembengkakan. Anda juga dapat menerapkan obat penghilang rasa sakit, seperti pelega tenggorokan, atau spray yang mengandung pereda nyeri, seperti benzocaine.

Jika Anda mengalami pembengkakan amandel sangat disarankan untuk beristirahat sebanyak mungkin, B’timers. Selain itu hindari kegiatan yang berrisiko semakin meningkatkan iritasi bagi tenggorokan Anda, seperti misalnya berteriak serta merokok. Namun apabila pembengkakan amandel berlangsung selama lebih dari beberapa hari dan disertai dengan demam tinggi, segera kunjungi dokter.

Salah satu minuman hangat yang dapat membantu meringankan pembengkakan pada amandel yang terbuat dari bahan alami adalah seduhan cumin seeds, B’timers. Cara mudah mengurangi iritasi pada amandel adalah dengan mengonsumsi jus lemon hangat. Selain membantu mengecilkan amandel yang bengkak, air lemon juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh, lho.

Madu, kunyit, jahe dan jus bawang adalah cara mengecilkan amandel lainnya yang dapat Anda minum, lho, B’timers. (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE