Cara Mengatasi Gatal-Gatal pada Area Kulit | Breaktime

KONSULTASI KESEHATAN

dr. Yosefin Eka

dr. Yosefin Eka,S.Ked adalah alumni FK Universitas Brawijaya Malang. Ia pernah mengikuti Pelatihan Emergency Life Support di RS. Hasan Sadikin Bandung, serta Pelatihan dan Workshop Kulit Kelamin & Estetik Medik di FK Univ. Sebelas Maret 2015.

Cara Mengatasi Gatal-Gatal pada Area Kulit
20.06.2016
“Kalau di kulit tangan ada area yang terasa gatal, dan bentuknya seperti telur ikan, apakah itu jamur?”
Peni Ummu Salman Kamil, 28 tahun, Bandung

Dear Peni, terima kasih untuk pertanyaannya. Di bagian tangan sebelah mana terasa gatalnya? Apakah di sela-sela jari? Jika di sela-sela jari, bisa jadi disebabkan oleh tungau/skabies, dalam bahasa awam disebut “gudik”.

Skabies biasa hidup di kulit manusia, terutama berkembang biak dengan membuat terowongan dengan panjang 2-3mm per hari dan biasanya berlokasi di daerah lipatan-lipatan, seperti sela-sela jari, telapak tangan, pergelangan tangan sebelah dalam, siku, ketiak, lipatan payudara, pusar, lipatan belakang telinga, selangkangan, dan lipatan antara kemaluan dan anus atau pada anak kecil bisa juga pada pipi.

Penyakit ini menular dari satu orang ke orang lainnya, terutama di pemukiman padat penduduk seperti pondokan dan panti asuhan contohnya. Menularnya bisa lewat hubungan seksual atau melalui pakaian.

Gejalanya sangat gatal di malam hari, selain itu dapat timbul bintil-bintil atau peninggian kulit yang seperti jerawat, atau bintil peninggian kulit berisi air, atau nanah seperti telur ikan, atau jika bintilnya sudah pecah menjadi seperti borok.

Cara Mengatasi Gatal-Gatal pada Area Kulit  | Breaktime
Mencuci baju bisa membantu mengatasi gatal-gatal pada kulit

Untuk mengatasi skabies, ini cara yang bisa Anda lakukan:

  1. Tidak menggaruk bintil-bintil tersebut.
  2. Periksakan diri ke pusat kesehatan terdekat, nantinya akan diberikan obat anti skabies.
  3. Tidak saling meminjam pakaian atau kain atau sepatu.
  4. Semua benda atau bahan yang berbahan kain (seperti baju, sprei, selimut, alat sholat, dan lain-lain) dicuci menggunakan air panas dan deterjen, lalu disetrika kemudian dijemur di bawah matahari agar tungau-tungau mati.
  5. Mandi dua kali sehari dengan menggunakan sabun.
  6. Semua anggota keluarga harus ikut diperiksa juga.

Jika infeksi jamur, maka bentuk kelainan kulitnya tidak menimbulkan bintil seperti mata ikan yang Anda sebutkan. Kelainan kulitnya tidak meninggi hanya seperti bercak-bercak dengan warna yang bermacam-macam, bisa berwarna putih, abu-abu, atau merah bata.

Biasanya bisa mengenai orang yang kelebihan berat badan, daya tahan tubuhnya rendah, penderita kencing manis, HIV, sedang dalam kemoterapi, terlalu sering menggunakan obat-obatan golongan steroid, serta sering muncul pada tubuh yang banyak berkeringat atau lembab seperti pada kepala, badan, kuku, sela jari kaki, telapak kaki, punggung tangan. Dr.Yosefin 

Share This Article