Cara Mengatasi Demam Pada Anak Ini Keliru! | Breaktime
Cara Mengatasi Demam Pada Anak Ini Keliru!
07.09.2017

Memiliki buah hati menjadi anugerah terindah bagi setiap orang tua. Tak heran jika melihat si kecil jatuh sakit, semua orang tua akan merasa sangat khawatir dan cenderung berlebihan. Benar atau nggak, Moms? Salah satu yang paling banyak dialami oleh anak-anak adalah demam. Hal ini sangat sering terjadi pada anak-anak. Para ibu pun juga pastinya akan melakukan berbagai cara mengatasi demam pada anak. Mulai dari mengobati dengan bahan-bahan alami sampai dibawa ke dokter anak.

Namun, salah kaprah tentang penanganan demam pada anak masih saja sering terjadi di era modern ini. Hal tersebut terjadi karena adanya mitos turun-temurun dari orang tua mereka. Sekarang Anda harus benar-benar membuka mata, nih B’timers terhadap mitos yang selama ini berkembang. Mitos apa saja, sih dan bagaimana fakta yang sebenarnya?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Gejala Penyakit Jantung yang Sering Disepelekan

Memakai pakaian tebal dan selimut

Hal ini sering dianggap mampu meredakan demam pada anak. Faktanya, pakaian tebal dan selimut justru akan menaikkan suhu tubuh buah hati Anda. Ketika suhu tubuh mencapai 39 derajat Celcius, anak-anak akan mengalami kejang. Jadi, sebaiknya gunakan baju biasa meskipun tubuhnya terasa dingin. Anda juga harus memperhatikan suhu ruangan dan sirkulasi udara agar penderita demam bisa cepat sembuh. Kompres di bagian kanan kiri leher, ketiak, dan selangkangan.

Daun saga bisa meredakan demam

Daun saga sama dengan Abrus Precatorius atau Saga Rambat. Nah, jika daun ini dikonsumsi anak-anak dan orang dewasa, akan melepaskan racun yang ada dalam buah tersebut. Nantinya akan mengalami gejala lain seperti mual, muntah, kejang, dan gagal fungsi hati. Sedangkan daunnya, belum ada uji klinis yang membuktikan bahwa daun ini bisa menurunkan demam. Ikatan Dokter Anak Indonesia pun menyarankan untuk tidak menggunakan obat herbal yang belum teruji secara klinis, termasuk homeopathy, aromatherapy, refleksi, pijat, dan penyembuhan spiritual.

Cara Mengatasi Demam Pada Anak Ini Keliru! | Breaktime
Cara mengatasi demam pada anak dengan benar
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Seberapa Bahaya Menatap Gerhana Secara Langsung?

Mengompres anak dengan alkohol

Mitos cara mengatasi demam pada anak selanjutnya adalah mengompres dengan alkohol. Padahal alkohol termasuk senyawa yang sangat toksik dan mudah diserap kulit. Ketika bersentuhan dengan kulit, alkohol memang akan terasa dingin, namun hal tersebut tidak berpengaruh pada suhu tubuh. Jika Anda mengompres anak dengan alkohol, efeknya sama dengan ketika seseorang minum alkohol. Jadi, lebih baik memang mengompres handuk yang direndam air hangat.

Memberi sup dan madu pada buah hati

Seringkali ketika anak demam, Moms pasti akan memberikan makanan sehat dan menyegarkan seperti sup ayam. Padahal hal ini percuma saja, tidak akan mampu meredakan demam pada anak. Sedangkan untuk pemberian madu, sebaiknya dilakukan pada usia anak di atas 1 tahun. Pasalnya, jika diberikan pada anak di bawah 1 tahun, ada toksin dari kuman clostridium botullinum yang bisa menyebabkan kelumpuhan sesaat.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Penyebab Sakit Demam Naik-Turun

Dibalur dengan bawang merah dan tidak perlu mandi

Ini menjadi mitos yang sangat salah. Saat anak demam, tak ada masalah jika mereka dimandikan, asalkan menggunakan air hangat. Sedangkan untuk bawang merah memang bersifat melebarkan pembuluh darah, sehingga bisa menurunkan suhu tubuh. Hanya saja bawang merah bersifat iritatif bagi kulit. Jika dioleskan pada anak bisa menyebabkan luka bakar ringan.

Jadi, mulai sekarang cobalah pikir ulang untuk melakukan cara mengatasi demam pada anak yang ternyata hanya sebuah mitos. Lebih baik langsung bawa anak ke dokter saja, Moms. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE