Cara-Cara Mengatasi Keputihan Pasca Melahirkan | Breaktime

KONSULTASI KESEHATAN

dr. Yosefin Eka

dr. Yosefin Eka,S.Ked adalah alumni FK Universitas Brawijaya Malang. Ia pernah mengikuti Pelatihan Emergency Life Support di RS. Hasan Sadikin Bandung, serta Pelatihan dan Workshop Kulit Kelamin & Estetik Medik di FK Univ. Sebelas Maret 2015.

Cara-Cara Mengatasi Keputihan Pasca Melahirkan
21.09.2016
“Saya mengalami keputihan, namun tidak berbau dan tidak bikin gatal. Namun keputihan saya terus menerus dan tak berhenti pasca melahirkan sampai sekarang, sudah sekitar 2 tahun ini. Bagaimana ya, cara mengatasinya? Apa boleh menggunakan obat Albothyl? Terima kasih.”

Dear Rizka Laili,

Dalam keadaan normal, tubuh juga menghasilkan cairan jernih bercampur sel-sel vagina dan juga bakteri.  Cairan tubuh ini normal karena bersifat melindungi tubuh dari infeksi. Namun cairan vagina yang tidak normal dapat berwarna kekuningan hingga kehijauan dan memberikan gejala gatal dan berbau.

Infeksi vagina dapat berupa infeksi jamur, bakteri, dan parasit. Dan jika dibiarkan, hal ini dapat mengganggu organ-organ kewanitaan hingga mengganggu kesuburan. Kebanyakan kasus infeksi ini disbebakan oleh infeksi jamur Candida.

Infeksi ini bisa disebabkan karena pemakaian antiobiotik lama, memakai pakaian ketat, diabetes yang tidak terkontrol, kehamilan (perubahan keseimbangan hormon). Gejala-gejalanya bisa cairan vagina kekuningan sampai dengan kehijauan, berupa gatal-gatal pada organ kewanitaan, keputihan dalam jumlah banyak, rasa panas saat kencing, keputihan menggumpal, dan berbau.

Cara-Cara Mengatasi Keputihan Pasca Melahirkan | Breaktime
Menjaga kesehatan organ intim kewanitaan sangat penting

Untuk mendeteksi penyebab pasti keputihan Anda diperlukan pemeriksaan khusus, Anda dapat memeriksakan diri ke bagian kandungan untuk diperiksa lebih lanjut.

Hal-hal yang membantu keputihan berhenti yaitu:

  • Hindari pemakaian celana yang ketat dan tidak menyerap keringat
  • Berganti celana dalam rutin tiap kali dirasa sudah mulai lembab
  • Tidak memakai panty liner berkepanjangan karena menyebabkan lembab sehingga memicu terjadinya keputihan
  • Mengelap setiap setelah BAK
  • Menjaga kebersihan organ kewanitaan
  • Rutin memeriksakan diri ke dokter dan rutin minum obat jika ada diabetes

Saran saya sebelum memakai obat Albothyl ovula, sebaiknya Anda periksa terlebih dahulu untuk memastikan penyebab pasti keputihan Anda, sehingga keputihan Anda bisa mendapatkan penanganan yaitu pemeriksaan dan pengobatan yang tepat. (ye)

Share This Article