Atasi Mata Lelah karena Sering Pakai Smartphone | Breaktime

KONSULTASI KESEHATAN

dr. Yosefin Eka

dr. Yosefin Eka,S.Ked adalah alumni FK Universitas Brawijaya Malang. Ia pernah mengikuti Pelatihan Emergency Life Support di RS. Hasan Sadikin Bandung, serta Pelatihan dan Workshop Kulit Kelamin & Estetik Medik di FK Univ. Sebelas Maret 2015.

Cara Atasi Mata Lelah karena Sering Pakai Smartphone
06.07.2016
“Bagaimana cara mengatasi mata yang sakit akibat terlalu sering menatap layar smartphone, dok?”
Rizka Laili , 24, Bali

“Dear Rizka Laili,

Mata Anda lelah melihat layar smartphone, keadaan yang Anda alami ini disebabkan karena kepayahan retina. Untuk mengatasi hal tersebut, solusinya adalah ketika menggunakan smartphone atau gadget, Anda harus tetap memberi kesempatan pada mata Anda untuk beristirahat.

Jadi, jangan lama-lama ketika menggunakan handphone atau gadget. Anda bisa melakukan perhitungan sendiri, semisal Anda sudah menggunakan smartphone selama kurang lebih satu jam, maka sebaiknya hentikan dahulu aktivitas Anda menggunakan smartphone sekitar kurang lebih 15-30 menit, baru Anda bisa kembali menggunakan smartphone lagi.

Selain itu, Anda perlu mengatur jarak antara mata dengan smartphone. Sebaiknya hindari melihat layar smartphone dari jarak yang terlalu dekat. Idealnya, berikan jarak kurang lebih 30 cm supaya retina mata Anda tidak kelelahan.

Selain dengan mengubah kebiasaan-kebiasaan dalam menggunakan smartphone, Anda juga bisa mengubah pola makan agar jadi lebih sehat, sekaligus menjaga kesehatan mata Anda. Sebaiknya, makanlah makanan bergizi yang banyak mengandung vitamin A agar kesehatan mata Anda dapat selalu terjaga dengan baik.”

Atasi Mata Lelah karena Sering Pakai Smartphone | Breaktime
Kurangi penggunaan smartphone agar mata tak kelelahan

Memakai smartphone memang tak bisa dihindari karena memang sudah menjadi kebutuhan, terutama untuk alat komunikasi. Dan terkadang kita tak sadar sudah terlalu sering menggunakan smartphone dan menatap layar smartphone maupun gadget lainnya terlalu lama.

Mengobati dan mengatasi memang bisa dilakukan. Namun, akan lebih baik jika kita lebih memperhatikan dan menyayangi kesehatan mata kita, sebelum terlambat dan mata jadi kelelahan atau sakit. Nah, jaga kesehatan mata B’timers dengan mengurangi penggunaan smartphone, ya. (dr.Yosefin Eka)

Share This Article