Cara Agar Rambut Tidak Kering | Breaktime
Cara Agar Rambut Tidak Kering
19.09.2017

Tak hanya kecantikan wajah, rambut sebagai mahkota wanita juga harus dijaga keindahannya. Selain ketombe atau rontok dan mudah patah, salah satu gangguan yang bisa terjadi secara alami pada rambut ialah dryness alias rambut kering. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan gejala rambut kering. Agar tak perlu melakukan perawatan mahal ke salon maupun memborong berbagai produk kecantikan rambut yang menguras dompet, ada banyak cara agar rambut tidak kering dengan melakukan aneka natural remedies.

Pertama, B’timers harus memahami terlebih dahulu apakah yang mneyebabkan rambut Anda menjadi kering. Salah satu faktor yang sering dilakukan para wanita dan cenderung disepelekan ialah penggunaan hair dryer secara berlebihan. Memakai mesin pengering rambut tentu saja tak bisa dihindari apabila Anda tidak memiliki waktu luang untuk mengeringkannya secara alami karena tuntutan rutinitas yang padat. Agar dapat tetap melakukan hair dryer tanpa berlebihan, usahakan Anda menggunakan suhu yang tidak terlalu tinggi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jangan Abaikan Berbagai Gejala Kanker Laring Ini

Untuk memastikan pengaturan suhu yang tepat, arahkan udara panas dari hair dryer ke kulit lengan bagian dalam. Apabila Anda merasa kepanasan dan kesakitan, artinya suhu tersebut juga terlalu panas bagi rambut dan kulit kepala Anda. Penggunaan hair dryer yang kelewat panas akan membuat rambut cepat kering sehingga mudah rontok dan patah. Selain mengatur suhu, Anda juga bisa menggunakan produk heat protectant pada rambut saat dikeringkan dengan menggunakan hair dryer.

Cara agar rambut tidak kering yang kedua ialah dengan menghindari menyisir rambut saat masih basah setelah keramas. Rambut yang masih basah cenderung jauh lebih elastis sehingga mudah patah apabila disisir. Untuk mencegahnya, Anda bisa menyisir rambut setelah kering dengan alami. B’tiemrs juga bisa menggunakan sisir bergigi jarang yang cenderung lebih lembut dan dapat digunakan pada rambut yang masih basah sekalipun. Penggunaan jenis sisir yang salah juga dapat menyebabkan rambut Anda menunjukkan gejala kering dan mudah patah. Beberapa jenis sisir yang sebaiknya tidak Anda gunakan ialah sisir berbahan metal dan keramik bukanlah pilihan yang bijak bagi kecantikan rambut Anda, terutama apabila digunakan saat mengeringkan rambut menggunakan hair dryer. Jenis sisir terbaik, selain yang bergigi jarang, ialah sisir berbahan kayu maupun sisir lembut yang terbuat dari nylon haluas atau boar bristle. 

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pernah Rasakan Ini Saat Terbang? Ini Jawabannya!
Cara Agar Rambut Tidak Kering | Breaktime
Tak hanya kulit, rambut juga perlu dilindungi dari sinar matahari agar tak mudah kering

Tak hanya perawatan yang tidak tepat, hobi berenang Anda rupanya juga dapat menyebabkan rambut Anda kering lho, B’timers! Sebelum masuk ke kolam renang, aplikasikan leave-in conditioner pada seluruh permukaan rambut secara merata. Dengan demikian, rambut Anda akan terlindungi dari klorin pada air kolam renang yang dapat menimbulkan rambut kering. Apabila Anda gemar berenang di pantai, selalu gunakan sampo dan kondisioner yang menggunakan tambahan bahan tabir surya. Normalnya, untuk beraktivitas di luar ruangan, Anda membutuhkan tabir surya pada produk perawatan rambut yang memiliki SPF antara 10 hingga 15. Usai berenang, Anda juga bisa menggunakan topi untuk melindungi rambut Anda selama berjemur di pantai. 

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Merawat Rambut Rontok ala Hijabers

Terlalu sering keramas juga dapat menyebabkan rambut cepat kering karena dapat menghilangkan minyak alami pada rambut dan kulit kepala. Penggunaan sampo khusus bagi rambut kering yang diiringi dengan pemakaian kondisioner setiap kali keramas juga dapat menjadi salah satu cara agar rambut tidak kering. Merasa rambut lengket dan ingin keramas? Gunakan dry shampoo alih-alih sampo Anda yang biasa untuk menyegarkan kulit kepala dan menyerap minyak berlebih yang membuat kepala Anda terasa lengket.

Semoga dengan melakukan aneka tips tersebut di atas, rambut kering Anda kembali cantik menawan ya, B’timers! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE