Cabut Uban Bikin Tumbuh Makin Banyak? | Breaktime
Cabut Uban Membuatnya Tumbuh Makin Banyak? Ini Faktanya!
29.10.2015

Uban bisa muncul ketika rambut kehilangan pigmennya. Munculnya uban ini tentu bisa merusak penampilan dan membuat Anda tak percaya diri.

Ketika uban mulai mengganggu, Anda tentu ingin segera mencabut dan menghilangkannya dari kepala Anda. Tapi, ada yang bilang, ketika Anda mencabut uban, rambut putih ini akan tumbuh semakin banyak. Tak sedikit yang mempercayai hal tersebut. Lantas, mencabut uban akan membuatnya semakin banyak sebenarnya mitos atau fakta ya?

Randy Schueller, saintis dibidang kosmetik sekaligus penulis buku kecantikan, mengatakan bahwa mencabut uban tidak ada salahnya, tapi juga tidak akan ada gunanya bagi Anda. Mencabutnya ketika uban muncul memang akan menyingkirkannya dari kepala Anda, sayangnya hal ini hanya berlaku sementara saja.

Cabut Uban Bikin Tumbuh Makin Banyak? | Breaktime
Mencabut uban bisa merusak folikel rambut

Ketika sebuah uban dicabut, folikel tempatnya dibuat masih aktif. Folikel ini akan terus memproduksi rambut lain untuk menggantikan yang Anda cabut. Karena telah kehabisan pigmen, hasilnya rambut baru yang tumbuh pun akan tetap berwarna putih. Tapi, tak menutup kemungkinan rambut baru yang tumbuh akan berwarna lebih gelap karena melanogenesis.

Kabar baiknya adalah, folikel yang kehilangan pigmennya, tak akan mempengaruhi folikel lainnya. Sehingga ketika Anda mencabut uban, rambut putih tersebut tidak akan makin bertambah.

Untuk mencabut uban, Anda juga harus memikirkan akibat lain, yakni rusaknya folikel rambut. Ketika folikel rambut rusak, Anda memang tak akan lagi bermasalah dengan uban, tapi juga tak akan ada rambut baru yang tumbuh. Hal ini tentu menjadi masalah baru, yakni kebotakan.

Daripada mencabut uban, sebaiknya Anda menutupnya dengan pewarna rambut. Tapi pastikan dulu Anda tidak memiliki alergi terhadap pewarna rambut. Dengan mewarnai rambut, Anda tak hanya bisa menutupi uban, tapi juga memiliki warna rambut sesuai keinginan Anda.

Pilihan terakhir yang paling mudah adalah membiarkan uban terus tumbuh dan menutupi seluruh kepala Anda. Tapi, apapun yang akan Anda lakukan pada rambut dan kepala, adalah pilihan Anda sepenuhnya. 

Share This Article