Bukan Hoax, Ini Efek Keringkan Baju dalam Rumah | Breaktime
Bukan Hoax, Ini Efek Keringkan Baju dalam Rumah
03.10.2017

Soal menjemur pakaian, kebanyakan orang pasti lebih prefer menjemur pakaian mereka di bawah sinar matahari. Menjemur pakaian di luar rumah memang sangat menghemat energi dan ramah lingkungan, karena proses pengeringan semuanya dilakukan oleh alam. Tapi ada banyak sekali alasan orang-orang perkotaan beralih dengan menjemur pakaian. Alasan pertama lebih pada terbatasnya ruang outdoor terlebih jika Anda tinggal di gedung apartemen. Dan yang kedua adalah karena faktor cuaca yang kurang bersahabat. Tapi, tahukah B’Timers kalau ternyata ada efek keringkan baju dalam rumah?   

Ya, tak heran jika Anda setengah tidak percaya kalau ternyata efek keringkan baju dalam rumah benar-benar ada. Tapi, begitulah hasil dari penelitian yang dilakukan oleh Dr. Christine Cowie, yaitu peneliti senior yang bekerjasama dengan University of NSW. Dr. Cowie mengatakan bahwa menjemur pakaian di dalam rumah bisa mempengaruhi tingkat kelembapan dari ruangan tersebut. Nah, dengan meningkatnya kelembapan di dalam ruangan maka akan memicu tumbuhnya jamur Aspergillus Fumigatus yang kemudian akan melepaskan serbuk spora ke penjuru ruangan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bahaya Radiasi Wifi, Fakta Atau Mitos?

Padahal, spora jamur tersebut diindikasi merupakan penyebab utama dari munculnya reaksi alergi pada beberapa orang. Tak hanya itu, jika Anda punya rekam medis memiliki asthma maka besar kemungkinan gejala asthma tersebut pun akan kambuh. Dan tak hanya penderita alergi dan asthma saja yang beresiko terekspos bahaya menghirup spora jamur ini, bayi, lansia, penderita eksim, dan orang yang memiliki sistem imunitas tubuh yang rendah juga berisiko terkena dampak negatif dari spora jamur tersebut.

Berkembangnya spora jamur penyebab alergi tersebut juga makin diperparah saat musim hujan, B’Timers. Pasalnya, dengan kondisi cuaca seburuk itu pasti Anda akan lebih suka berdiam saja di dalam rumah, kah? Belum lagi jika Anda tinggal bersama dengan extended family, atau mungkin Anda kedatangan tamu saat sedang tengah-tengahnya hujan deras. Sepatu dan jaket basah yang mereka letakkan di dalam rumah bisa memperburuk kelembapan di dalam rumah, dan jumlah jamur yang tumbuh pun akan makin banyak! Dan akibatnya, makin banyak pula spora yang terhirup masuk ke dalam paru-paru.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bau Mulut? Ini Penyebab dan Cara Alami Atasinya

Wah, siapa yang menyangka ya ternyata aktivitas sesederhana seperti itu bisa memberikan efek negatif yang cukup besar terhadap kesehatan? Maka dari itu, jika Anda memiliki halaman yang cukup luas dengan cuaca cerah yang mendukung, usahakan selalu menjemur pakaian Anda di luar. Dengan menjemur di bawah sinar matahari, pakaian yang Anda jemur akan kering lebih cepat dan tidak berbau apek! 

Bukan Hoax, Ini Efek Keringkan Baju dalam Rumah | Breaktime
Efek keringkan baju dalam rumah, sudah tahu?

Tapi, kalaupun keadaan memaksa Anda untuk menjemur di dalam rumah, Anda wajib menyediakan ruangan yang cukup luas dengan sistem ventilasi yang baik. Jangan lupa, ruangan tersebut harus terletak jauh dari ruang tidur dan ruang keluarga. Ruangan tersebut juga harus terpisah dari ruangan yang memang memiliki tingkat kelembapan yang tinggi seperti dapur dan kamar mandi. If it’s not possible, Anda bisa meletakkan kipas angin atau memasang air humidifier untuk membantu mengontrol kelembapan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Atasi Mulut Kering dengan Mengenali Penyebabnya

Dan usahakan untuk hindari menjemur pakaian dalam jumlah yang banyak, apalagi jika Anda cuma punya sedikit space di rak jemuran Anda. Pakaian yang dijemur dengan keadaan terlalu berdempetan akan kering lebih lambat, dan peluang tumbuhnya jamur pun akan semakin meningkat. Jika keadaan memungkinkan, tidak ada salahnya lho membuka jendela untuk memungkinkan pertukaran udara yang otomatis bisa membantu mencegah tumbuhnya jamur.

Walaupun efek keringkan baju dalam rumah bisa berdampak pada kesehatan, Anda bisa meminimalisir resiko dengan mempraktekkan tips yang Breaktime berikan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, B’Timers.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE