Buka Pintu Mobil, Pakai Tangan Kanan atau Kiri? | Breaktime
Buka Pintu Mobil, Pakai Tangan Kanan atau Kiri?
27.01.2017

Mobil sudah menjadi salah satu kebutuhan di kalangan masyarakat. Mobil memang jadi salah satu kendaraan paling tinggi konsumennya. Sudah jelas, dengan menggunakan mobil B’timers pasti akan sangat terlindungi dari panas, hujan, dan polusi. Tetapi kalau di Indonesia, berkendara dengan mobil akan memakan waktu. Apalagi untuk kota-kota besar.

Berbicara tentang mobil, bukan hanya tentang fungsi dan manfaatnya saja. Tetapi ternyata di balik kendaraan roda empat ini terdapat sebuah budaya yang berbeda antara negara satu dengan negara yang lainnya, lho. B’timers pasti sudah bisa menebaknya. Yup, budaya membuka pintu mobil apakah dengan menggunakan tangan kanan atau tangan kiri?

Hal ini mungkin tidak pernah terbersit dalam pikiran Anda, kan? Well, tahukah Anda bahwa ternyata di beberapa negara, kasus kecelakaan kendaraan bermotor lebih sering disebabkan oleh kesalahan seseorang saat membuka pintu mobil. Bisa dibilang, pintu mobil jadi malapetaka untuk para pengendara roda dua.

Baca juga : CARA TENANG ATASI MOBIL MOGOK DI HUTAN

Bayangkan saja, saat pengendara sepeda atau motor sedang melaju, kemudian dari arah depan ada pintu mobil yang tiba-tiba terbuka. Itulah yang sering terjadi di beberapa negara di belahan dunia lain. Kasus kecelakaan seperti ini sering terjadi, karena si pengendara mobil tidak melihat kondisi lalu lintas di luar. Itulah kenapa penting bagi semua pengemudi kendaraan roda empat untuk lebih memperhatikan ke semua arah terlebih dahulu sebelum membuka pintu.

Lalu apa hubungannya membuka pintu mobil dengan tangan kiri atau tangan kanan? Itu sesuai dengan laporan pada tahun 2011, mengungkapkan bahwa ternyata seringnya kasus kecelakaan dipengaruhi oleh pengendara mobil apakah membuka pintu dengan menggunakan tangan kanan atau kiri.

Rupanya hal itu juga saling berkaitan, di setiap negara kebiasaan membuka pintu mobil berbeda-beda. Ambil saja contoh apabila Anda berada di negara yang menggunakan lajur kanan, sangat disarankan untuk membuka pintu mobil dengan menggunakan tangan kanan. Begitupun sebaliknya, jika Anda berada di negara yang menggunakan lajur kiri, sudah pasti harus membuka pintu mobil dengan tangan kiri.

Buka Pintu Mobil, Pakai Tangan Kanan atau Kiri? | Breaktime
Aturan untuk keselamatan, buka pintu mobil dengan tangan kanan

Tips membuka pintu mobil ini sebenarnya datang dari Belanda, B’timers. Untuk aturan membuka pintu mobil dengan menggunakan tangan kanan dinamakan dengan Dutch Reach. Misalnya jika Anda sedang duduk di mobil dengan posisi setir sebelah kiri,  jangan pernah membuka pintu yang ada di sebelah kiri Anda dengan menggunakan tangan kiri. Usahakan untuk membuka pintu mobil Anda dengan menggunakan tangan kanan.

It’s look simple, namun pada kenyataannya dengan posisi ini Anda bisa melakukan banyak pengamatan, B’timers. Maksudnya adalah dengan mengulurkan tangan kanan ke arah pintu di sebelah kiri Anda, maka pandangan Anda pun akan ikut bergerak mengikuti putaran tubuh Anda. Dimulai dengan memandang ke arah kaca spion, kemudian Anda akan secara otomatis mengarahkan pandangan ke arah belakang.  Trik ini terbukti efektif untuk menyelamatkan banyak orang, lho.

Kalau untuk kita yang tinggal di Indonesia, sudah jelas pengemudi menggunakan jalur kiri saat sedang berkendara atau posisi setir mobil ada di sisi kanan. Teorinya sama saja, kok. Hanya saja karena sisi pengemudi berada di sebelah kanan, maka sudah pasti tangan kiri lebih aman dipakai untuk membuka pintu mobil.

Hal ini merupakan aturan wajib bagi setiap pengendara. Terlebih lagi karena tingkat kepadatan lalu lintas di sini lebih tinggi dibandingkan dengan di negara-negara Eropa. Sekarang Anda jadi tahu tangan mana yang sebaiknya digunakan untuk membuka pintu mobil. So, mulai sekarang biasakan untuk mempraktekkan teori tersebut demi keselamatan di jalan raya, ya. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE