Buat Pembersih Rumah Alami yang Mudah dan Murah! | Breaktime
Buat Pembersih Rumah Alami yang Mudah dan Murah Ini!
31.03.2016

Kualitas kesehatan B’timers tidak hanya dilihat dari pola makan teratur dan olahraga rutin saja. Kebersihan peralatan makan, dapur hingga setiap sudut rumah pun menjadi faktor penting untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat.

Menggunakan produk pembersih rumah memang mudah dan terjamin kebersihannya. Tetapi, untuk mengurangi bahan kimia yang berbaur di dalam rumah Anda, ada baiknya B’timers menggunakan pembersih buatan sendiri. Tentunya pembersih rumah yang Anda buat sudah dipastikan alami dan terjangkau harganya, kan?

Essential-oil cleanser

Pembersih yang satu ini dapat B’timers gunakan untuk semua permukaan selain dari kaca. Anda cukup mencampurkan 150 ml air dengan 100 ml cuka. Tambahkan 5 hingga 10 tetes minyak esens beraroma mint, lemon atau jeruk dan 1 tetes sabun cuci piring. Campur rata dan semprotkan pada permukaan yang ingin Anda bersihkan, lap dengan kain microfiber hingga bersih.

Buat Pembersih Rumah Alami yang Mudah dan Murah! | Breaktime
Essential oil lemon ternyata ampuh usir noda di berbagai permukaan, lho!

Lemon-cleanser

B’timers dapat mencampurkan 500 ml air dengan 2 sendok makan air perasan lemon, ½ sendok teh sabun dengan minyak sayur, dan satu sendok makan baking soda. Campur dan masukkan ke dalam botol spray. Aplikasikan pada seluruh permukaan peralatan rumah Anda kecuali permukaan kayu dan lap hingga bersih.

Glass cleaner

Untuk membersihkan perabotan dari kaca seperti jendela, B’timers dapat membuat ramuan tersendiri. Campurkan 500 ml air, 2 sendok makan cuka putih, 2 sendok makan rubbing alcohol, dan 5 tetes minyak esens aroma peppermint menjadi satu dan masukkan ke dalam botol spray. Semprotkan pada lap microfiber dan gosok-gosokkan pada permukaan kaca.

Buat Pembersih Rumah Alami yang Mudah dan Murah! | Breaktime
Selain beraroma segar, minyak peppermint berkhasiat usir noda pada permukaan kaca

Shower cleaner

Membersihkan noda di kamar mandi sangatlah mudah, lho! Hanya dengan mencampurkan 50 ml cuka putih dan 250 ml air. Aduk dan panaskan dalam microwave selama 30-60 detik. Masukkan ke dalam botol spray. Semprotkan pada permukaan kamar mandi Anda dan biarkan selama 3-5 menit sebelum disikat dan dibilas dengan air.

Sink scrub

Noda bekas makanan biasanya membandel di wastafel atau tempat cuci piring Anda. B’timers cukup mencampurkan 300 gram baking soda, 10 tetes minyak esens lemon, dan 10 tetes minyak esens cengkeh. Taburkan di area wastafel dan tambahkan 1 tetes sabun dari minyak sayur dan beberapa tetes air di atasnya. Sikat dan bilas dengan air mengalir.

Buat Pembersih Rumah Alami yang Mudah dan Murah! | Breaktime
Tuangkan cairan pembersih alami dan lap hingga mengkilap, ya!

Mold and mildew cleaner

Suka gemas dengan tumbuhnya jamur dan lumut di dalam rumah Anda? B’timers bisa mengusirnya dengan mencampurkan 500 ml air dan 2 sendok teh minyak melaleuca. Masukkan ke dalam botol semprot dan semprotkan cairan ke permukaan yang terkena jamur dan lumut. Biarkan selama 24 jam. Setelah semalaman, masukkan 35 gram baking soda dalam mangkok dan semprotkan cairan pembersih perlahan-lahan hingga adonan menyerupai lem. Aplikasikan dengan sikat dan gosok lalu bilas hingga permukaan bersih.

Ternyata tidak susah membuat pembersih dari bahan-bahan alami, kan? Dengan kebersihan rumah B’timers terjaga, kesehatan Anda dan keluarga juga ikut terjamin. Keep clean and stay healthy! (ft)

Share This Article