B’timers, Lawan Diabetes Tipe 2 dengan Makanan! | BREAKTIME
B’timers, Lawan Diabetes Tipe 2 dengan Makanan!
17.04.2015

B’timers, penderita diabetes memang harus menghindari banyak jenis makanan untuk menjaga kondisinya agar tetap stabil. Tapi, 3 makanan ajaib ini justru harus sering dikonsumsi untuk membantu melawan dan mencegah gejala diabetes.

Pre-Germinated Brown Rice 

B’timers, Lawan Diabetes Tipe 2 dengan Makanan! | BREAKTIME
Brown rice baik untuk mengontrol gula darah

Sebagai pencegahan terhadap penyakit diabetes, nasi putih sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi. Nasi putih bisa menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh naik drastis, maka dari itu Anda bisa menggantinya dengan pre-germinated brown rice. Untuk membuat pre-germinated brown rice, B’timers tinggal merendam whole grain rice dalam air hangat selama semalam sebelum dimasak. Cara ini akan merangsang timbulnya kecambah berupa tunas kecil tak terlihat yang mengandung bahan kimia kompleks dan sangat baik untuk perlindungan saraf. 

Brown rice juga merupakan sebuah sumber serat yang bisa digunakan sebagai pengontrol diabetes. Beth Reardon, MS, RD, seorang pakar nutrisi dan juga peneliti makanan yang berpusat di Duke University Integrative Medicine in Durham,.C menyatakan bahwa serat dalam brown rice membutuhkan waktu yang lama agar bisa diproses secara sempurna sehingga gula dalam tubuh dilepaskan secara perlahan. Hal inilah yang bisa membuat kadar gula darah dalam tubuh menjadi lebih stabil.

Konsumsi bayam

B’timers, Lawan Diabetes Tipe 2 dengan Makanan! | BREAKTIME
Bayam kaya akan magnesium yang baik untuk mencegah diabetes

Bayam merupakan sayuran hijau yang banyak mengandung magnesium. Nah, magnesium sendiri merupakan mineral yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Kebanyakan orang yang menderita diabetes tipe 2 merupakan mereka yang kekurangan kandungan magnesium. Maka dari itu, sebagai tindakan preventif konsumsilah berbagai makanan yang mengandung banyak magnesium. Selain bayam, Anda bisa mendapatkannya dari daun selada, kacang-kacangan, dan juga low-fat dairy products. 

Konsumsi rempah-rempah

B’timers, Lawan Diabetes Tipe 2 dengan Makanan! | BREAKTIME
Kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang bisa melawan diabetes

Rempah-rempah seperti halnya kayu manis dan juga kunyit bisa digunakan untuk mengontrol gula darah dalam tubuh agar tetap stabil. Menaburkan sejumput bubuk kayu manis ke dalam kopi yang B’timers minum pada pagi hari bisa mencegah penyakit diabetes tipe 2. Perpaduan kopi dan kayu manis yang mengandung antioksidan juga sangat baik untuk kesehatan. Sedangkan di dalam kunyit mengandung sebuah senyawa kimia bernama curcumin yang berguna untuk mencegah pembengkakan di dalam tubuh.

Kunci terpenting dalam mencegah penyakit diabetes adalah menghindari berbagai makanan dengan glycemic index tinggi yang dapat menaikkan kadar gula darah dengan sangat cepat, seperti nasi putih dan juga soda. Siap lawan diabetes, B’timers? 

Share This Article