B’timers, Kentut Itu Sehat. Ini Faktanya! | Breaktime
B’timers, Kentut Itu Sehat. Ini Faktanya!
22.09.2015

Buang gas atau dalam bahasa lainnya dikenal dengan nama kentut adalah suatu aktivitas yang dilakukan oleh setiap makhluk hidup secara alami. Seperti halnya bersendawa, ada kalanya kentut merupakan hal yang jorok dan cukup memalukan jika dilakukan di depan publik.

Gas tersebut merupakan hasil olah kerja bakteri usus yang memfermentasikan sisa buangan yang tertinggal di saluran pencernaan sehingga menciptakan gas dengna aroma tertentu, tergantung dari makanan yang dikonsumsi.

Dengan paradigma tersebut, tentunya tidak sedikit orang yang akan mati-matian menahan diri agar gas dalam perut tidak keluar, apalagi saat berada di tempat umum. Namun, tahukah Anda apa yang akan terjadi jika  menahan kentut?

Menurut Lisa Ganjhu, seorang dokter dari NYU Langone Medical Center di New York City, menahan kentut menimbulkan masalah bagi kesehatan karena dapat menyebabkan kembung dan rasa yang tidak nyaman di perut.

Pernahkah Anda menahan kentut dalam waktu lama?
Pernahkah Anda menahan kentut dalam waktu lama?

Sakit pada perut tersebut semakin bertambah karena gas dalam bentuk hidrogen sulfida akan menekan dinding-dinding usus. Walaupun tidak menimbulkan bahaya kesehatan seperti kematian, tapi tentu saja hal ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman di bagian perut.

Kabar baiknya, ada cara yang bisa B’timers lakukan untuk ‘memperbaiki’ aroma kentut agar tidak terlalu tajam. Pilihlah makanan yang tidak memiliki kadar lemak tinggi atau juga yang masuk kategori pedas karena jenis makanan tersebut dapat menghasilkan jumlah karbondioksida dalam jumlah besar.

Baca Juga : TERNYATA, BUKAN ANGIN YANG MENYEBABKAN ‘MASUK ANGIN’

Pada dasarnya, manusia sehat akan mengeluarkan gas sebanyak 10-20 kali dalam sehari dan hal tersebut adalah wajar. Namun jika B’timers merasa malu ketika harus buang gas di depan umum, maka dapat mencari tempat yang lebih tepat untuk melakukannya, seperti di kamar mandi. Yang penting, jangan ditahan, ya!

Share This Article