Kenali 9 Gejala Awal Rheumatoid Arthritis! | Breaktime
B’timers, Kenali 9 Gejala Awal Rheumatoid Arthritis!
07.12.2015

Rheumatoid Arthritis (RA) merupakan salah satu penyakit pada tulang dengan gejala awal yang sering diabaikan. Padahal, mengathui gejala RA sama halnya dengan memcegah penyakit ini semakin parah. Oleh karena itu, kali ini Breaktime mengajak B’timers untuk mengetahui gejala yang terjadi.

Kelelahan

Kelelahan memang bisa terjadi kapan saja. Namun, jika kelelahan yang Anda rasakan begitu luar biasa dan terus menerus, bisa jadi ini merupakan gejala awal RA. Kelelahan yang parah ini bisa terjadi dalam beberapa hari, minggu, ataupun datang dan pergi begitu saja. Selain itu, kelelahan juga kerap disertai depresi atau mood swing.

Kenali 9 Gejala Awal Rheumatoid Arthritis! | Breaktime
Badan kaku ketika bangun tidur merupakan salah satu gejala RA

Morning Stiffness

Merasa badan Anda sering kaku di pagi hari? Kekakuan yang terjadi selama beberapa menit bisa menjadi gejala arthritis degenerative, sedangkan kekakuan selama beberapa jam merupakan gejala arthritis inflamasi sekaligus gejala khas pada RA. Kekakuan ini juga bisa terjadi ketika Anda terbangun setelah tidur siang atau duduk dalam jangka waktu lama.

Kaku pada sendi

Kekauan pada sendi juga merupakan tanda umum RA. Umumnya, kekakuan akan dimulai pada sendi tangan baik ketika Anda aktif bergerak ataupun tidak. Kekakuan ini akan memburuk dengan perlahan dan menghilang dengan sendirinya.

Nyeri sendi

Kekakuan pada sendi, biasanya akan dibarengi dengan nyeri sendi. Nyeri ini bisa saja terjadi saat Anda melakukan gerakan maupun ketika sedang tidak aktif. Awalnya, nyeri akan terasa pada bagian jari dan pergelangan tangan. Namun, nyeri juga bisa terjadi pada bagian lutut, kaki, pergelangan kaki, dan bahu Anda.

Kenali 9 Gejala Awal Rheumatoid Arthritis! | Breaktime
Kaku, nyeri dan pembengkakan sendi umumnya berawal dari bagian tangan

Pembengkakan sendi

Gejala awal RA bisa berupa pembengkakan minor pada sendi. Pembengkakan ini biasanya akan memunculkan rasa hangat ketika Anda menyentuh bagian sendi yang bengkak. Pembengkakan ini bisa terjadi selama beberapa hari pada beberapa bagian tubuh sekaligus.

Demam

Nyeri pada bagian sendi dan peradangan yang diikuti demam ringan, merupakan gejala RA yang sangat jelas. Demam ini juga menjadi peringatan dini bagi Anda.

Mati rasa dan kesemutan

Peradangan akan menyebabkan tekanan pada saraf Anda. Akibatnya, Anda akan merasa mati rasa, kesemutan, ataupun rasa terbakar pada tangan Anda. Gejala ini disebut dengan carpal tunnel syndrome. Selain itu, pergerakan pada sendi tangan dan kaki bisa menyebabkan suara mencicit atau berderak sebagai pertanda terjadi kerusakan pada tulang rawan sendi.

Penurunan kemampuan bergerak

Peradangan pada sendi akan menyebabkan cacat pada ligament atau tendon. Akibatnya, Anda akan mengalami kesulitan dalam melakukan beberapa gerakan. Kesulitan ini juga bisa terjadi karena rasa sakit yang terjadi.

Gejala lain

Selain gejala tersebut, RA juga akan menyebabkan beberapa gejala lain, termasuk mulut kering, mata gatal dan kering atau meradang, sulit tidur, nyeri dada saat bernapas, kehilangan nafsu makan, serta penurunan berat badan. (dfr)

Share This Article