Bisul di Ketiak, Apa Penyebab dan Solusinya? | Breaktime
Bisul di Ketiak, Apa Penyebab dan Solusinya?
19.04.2017

Benjolan bisul merupakan jenis gangguan kulit yang paling gak banget dan dapat membuat Anda merasa minder. Bisul dapat tumbuh di manapun, termasuk di bagian-bagian tubuh yang tidak terduga. Contohnya adalah pada ketiak. Granted, lipitan ketiak memang termasuk tersembunyi sehingga jikapun tumbuh bisul di tempat itu, maka Anda dapat menyembunyikannya dengan baik dari orang lain. Akan tetapi, tetap saja bisul di ketiak sangat mengganggu kenyamanan, terutama ketika bisul tersebut cukup parah hingga menimbulkan rasa sakit.

Nah, apa saja sih sebenarnya penyebab dari munculnya bisul di ketiak? Well, kecurigaan pertama dapat Anda tujukan pada bakteri Staphyloccoci. Bakteri ini adalah bakteri yang hidup di permukaan dan lipitan-lipitan kulit, dan merupakan bakteri umum yang tidak membahayakan kesehatan tubuh.

Baca juga: TIPS UNTUK HILANGKAN BULU KETIAK SECARA ALAMI

Akan tetapi bakteri ini dapat menimbulkan masalah apabila terdapat luka terbuka pada area kulit ketiak Anda. Bakteri Staph akan masuk ke dalam luka tersebut dan mengakibatkan infeksi dan peradangan. Wujud dari peradangan tersebut adalah benjolan bisul. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena pada umumnya bisul ini akan mereda dan sembuh dengan sendirinya.

Penyebab kedua, dan cukup rawan terjadi pada para ladies adalah bisul di ketiak yang disebabkan oleh ingrown hair, atau rambut ketiak yang tumbuh ke dalam bagian dalam kulit. Rambut yang tumbuh secara tidak wajar ini kemudian menimbulkan benjolan bisul yang besar, dan tidak jarang menyakitkan. Permukaan benjolan tersebut akan melunak secara berangsur-angsur, dan sebagai gantinya kubah bisul tersebut dipenuhi oleh nanah. 

Bisul di Ketiak, Apa Penyebab dan Solusinya? | Breaktime
Luka cukur bisa sebabkan bisul di ketiak!

Bagi Anda yang mengalami gejala bisul dengan gejala-gejala di atas, maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan. Do not ever pop the boils. Nanah dan bakteri yang mengenai kulit Anda setelah Anda meletuskan bisul tersebut dapat mengakibatkan area ketiak yang lain tertular. Membiarkan bisul bernanah tersebut begitu saja hingga bisul mengempes dengan sendirinya juga tidak menjadi pilihan yang bijak. Karena besar kemungkinan bakteri yang ada di dalam bisul tersebut menulari area kulit ketiak yang lain.

Baca juga: TANPA SCRUB, KULIT CANTIK NAN SEHAT BISA DIDAPAT!

Bisul di ketiak akibat ingrown hair pada umumnya menimpa Anda yang terlalu sering mencukur ketiak. Memang sih mungkin Anda merasakan obligation untuk menjaga agar ketiak Anda bebas bulu, akan tetapi ladies, Anda perlu memberikan waktu untuk rambut ketiak Anda agar tumbuh sepanjang beberapa sentimeter sebelum mencukurnya kembali. Dengan demikian, Anda masih dapat memiliki ketiak bebas bulu ketiak dan terhindar dari ingrown hair.

Dan masalah higienitas juga menjadi penyebab utama dari munculnya bisul di ketiak nih. Sama seperti jerawat, bisul di ketiak juga bisa timbul akibat penyumbatan pori-pori kulit. Sel-sel kulit mati, kotoran, dan keringat yang terkumpul di pori-pori kulit dapat mengakibatkan penyumbatan. Ditambah lagi dengan kondisi kulit ketiak yang asam sehingga menjadikannya habitat sempurna bagi bakteri untuk berkembangbiak.

Baca juga: DIET SEHAT UNTUK KULIT SEHAT, INI RAHASIANYA!

Jika di sekitar area terjadinya penyumbatan tersebut terdapat luka, maka bakteri akan memasuki luka tersebut dan mengakibatkan timbulnya infeksi sehingga sumbatan pada kulit ketiak tersebut pun berubah menjadi bisul.

Cara terbaik dalam mengatasi bisul di ketiak adalah dengan menjaga kebersihan diri dengan mandi paling tidak 2 kali sehari. Jangan lupa untuk menggosok area ketiak secara teratur selama Anda mandi. Selain itu, jika terdapat luka pada area ketiak (luka cukur, luka garuk) maka jangan tunda-tunda untuk membersihkan dan merawat luka tersebut sehingga luka tersebut cepat menutup. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, B’Timers. 



artikel kompilasi
related img
icon maps
bali
guide
related img
icon maps
bali
guide
related img
icon maps
bali
guide