Bisakah Mengatasi Insomnia Tanpa Obat? | Breaktime
Bisakah Mengatasi Insomnia Tanpa Obat?
15.02.2016

Anda sering mengalami kesulitan tidur meskipun badan dan mata merasa sangat lelah, B’timers? Apa yang biasanya Anda lakukan untuk mengatasi insomnia tersebut? Kebanyakan orang memilih untuk mengonsumsi obat tidur agar dapat segera terlelap.

Dan sebenarnya, Anda tidak perlu bergantung pada resep dokter, lho, B’timers. Ada beberapa tips mengatasi insomnia tanpa obat, yang bisa Anda lakukan.

1.Buat jadwal rutin

Cobalah mempertahankan jadwal tidur dan bangun rutin yang Anda ikuti setiap hari. Artinya Anda harus pergi tidur pada jam yang sama setiap malam, lalu bangun pada jam yang sama keesokan paginya, tidak peduli seberapa mengantuknya Anda.

Hal ini memang sedikit sulit untuk dipraktekkan pada beberapa malam pertama. Tapi pada akhirnya tubuh akan semakin terbiasa untuk mengikuti jadwal tersebut. Dan yang perlu Anda hindari adalah mengubah jdwal tersebut pada akhir pekan.

2.Kurangi tidur siang

Mereka yang terbiasa tidur di siang hari, akan lebih sulit terlelap saat waktu tidur malam. Sebisa mungkin kurangi tidur siang, B’timers. Dan Anda akan membuktikan, bahwa saat tiba waktunya untuk tidur di malam hari, Anda akan lebih cepat tertidur.

Namun jika Anda merasa sangat lelah, batasi tidur siang hanya selama 20 menit atau kurang. Tapi yang paling penting, jangan jadikan tidur siang menjadi kebiasaan setiap hari, ya, B’timers!

3.Hindari kafein dan alkohol

Terlalu banyak mengonsumsi kafein akan memberi stimulant pada otak yang semakin mengganggu kualitas tidur Anda. Jadi sebisa mungkin hindari meminum minuman yang mengandung kafein beberapa jam sebelum tidur.

Selain itu, banyak orang yang memilih mengatasi insomnia tanpa obat, dan berlari ke alkohol. Hal ini sangat keliru. Memang mengonsumsi alkohol dapat membuat seseorang cepat tidur, namun mereka akan terbangun dini hari dan akan mengalami kesulitan untuk kembali tidur. Minum alkohol juga menyebabkan dorongan untuk buang air kecil di tengah malam.

Bisakah Mengatasi Insomnia Tanpa Obat? | Breaktime
Kebiasaan minum alkohol memperburuk insomnia

4.Gunakan kamar tidur sebagaimana mestinya

Kebiasaan saat ini adalah menambahkan televisi bahkan play station ke dalam kamar tidur. Hal ini hanya akan membuat Anda terjaga sepanjang malam, meskipun Anda memaksa untuk memejamkan mata. Karena adanya godaan untuk menyalakan televisi.

Ganti suasana kamar menjadi lebih kondusif untuk Anda beristirahat dengan nyaman. Seperti, pilih lampu yang redup, jika Anda termasuk orang yang tidak tebiasa tidur tanpa penerangan. Intinya, jangan gunakan kamar tidur untuk kegiatan apapun selain tidur dan keintiman seksual bersama pasangan.

5.Berolahraga secara teratur

Olahraga rutin akan membuat tubuh melepaskan hormon endorphin, yang dapat membantu mengurangi stres. Hal tersebut yang membantu Anda mendapatkan tidur nyenyak di malam hari, B’timers.

Pastikan Anda meluangkan waktu paling tidak 30 menit setiap hari untuk jogging atau bersepeda. Sebaiknya jangan lakukan olahraga ini di sore hari, B’timers. Karena justru akan mengganggu kerja otak.

Namun, jika Anda tetap tidak dapat tidur selama lebih dari 30 menit pada malam hari, bangun, dan lakukan sesuatu yang santai. Anda bisa membaca buku fiksi yang ringan atau berendam air hangat. Dan segeralah kembali ke tempat tidur saat Anda sudah merasa mengantuk. Well, mengatasi insomnia tanpa obat? It’s so easy, B’timers! (NO)

Share This Article