Bisakah Makanan Menjadi Penyebab Penyakit Asma? | Breaktime
Bisakah Makanan Menjadi Penyebab Penyakit Asma?
23.08.2017

Penyakit asma yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti “terengah” ini merupakan penyakit saluran nafas kronis berupa saluran pernafasan yang menyempit dan tersumbat oleh lendir sehingga rentan terhadap berbagai rangsangan. Penyakit asma umum terjadi pada semua kelompok umur, namun lebih sering dijumpai pada anak-anak. Gejala seperti batuk-batuk, sensasi berat di dada, bunyi mengi, sesak nafas, hingga bibir kebiruan (cyanosis) akibat kekurangan oksigen seringkali menyertai penyakit asma.

Selain disebabkan oleh kondisi genetis, penyakit asma biasanya juga dapat dipicu oleh alergi terhadap udara kotor, debu, serbuk bunga, maupun bulu binatang. Meski demikian, hingga saat ini masih belum diketahui dengan jelas apakah yang dapat menjadi penyebab mutlak timbulnya asma. Tapi tahukah B’timers bahwa ada beberapa makanan tertentu yang bisa menjadi penyebab penyakit asma kambuh?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Penderita Asma, Trik Perangi Asma Tanpa Inhaler!

Dilansir dari vemale.com, sebuah penelitian terhadap populasi daerah industri makanan laut membuktikan bahwa seafood berpengaruh signifikan terhadap gangguan saluran pernafasan, termasuk asma. Para pekerja di pabrik pengolahan makanan laut terbukti menderita susah pernafasan, mengi, serta pilek dan ruam kulit. Berbagai gangguan pernafasan yang menyerupai asma tersebut dicurigai timbul karena alat semprot air yang digunakan ternyata mampu mengurai protein dalam daging udang. Ada apa sih kira-kira dalam protein udang tersebut?

Penelitian tersebut menemukan bahwa protein tropomyosin yang ditemukan pada daging udang maupun jenis seafood lainnya dapat menjadi faktor pemicu penyebab penyakit asma. Tak hanya dengan mengkonsumsi maupun terpapar dengan pengolahan seafood dalam waktu lama, beberapa makanan lain seperti telur, suus, kacang, durian, papaya, dan cokelat juga bisa menyebabkan asma kambuh lho! Pada dasarnya, telur, susu, dan kacang merupakan salah satu pantangan bagi penderita asma karena tingginya kandungan protein yang dimiliki. Meski bermanfaat sebagai sumber asam amino serta zat antibodi, tingginya kadar protein pada telur, susu, kacang dapat memicu gejala asma. Beberapa jenis kacang-kacangan yang paling berbahaya bagi pengidap asma ialah kacang kedelai, kenari, dan kaang tanah. 

Bisakah Makanan Menjadi Penyebab Penyakit Asma? | Breaktime
Seafood merupakan salah satu musuh utama pengidap asma
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Serangan Asma? Jangan panik! Begini Penanganannya

Durian sendiri selama ini terkenal berbahaya bagi penderita darah tinggi. Rasanya yang lezat dan baunya yang tajam tentu menggoda Anda untuk mencicipinya, namun ternyata buah yang satu ini dapat membuat asma kambuh dalam waktu cepat. Meski tak sepenuhnya dilarang, penderita asma sebaiknya menghindari mengkonsumsi buah durian yang baru jatuh dari pohon dalam waktu tidak lebih dari satu hari.

Selain tak lagi segar, durian yang telah jatuh ke tanah hingga 4 hari cenderung mengalami proses alkoholisasi sehingga dapat memperparah asma. Demikian juga saat Anda mengkonsumsi wine maupun minuman beralkohol lainnya yang dijamin berbahaya bagi pengidap asma.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Punya Sakit Sesak Napas? Ini Cara Mengatasi Asma!

Cokelat yang menjadi momok berbahaya bagi pengidap asma ialah cokelat yang terbuat dari cream cheese dan cream butter, maupun yang diproduksi dari butter, telur, dan susu.  Apabila B’timers mengidap asma, pilihlah cokelat masak dan berupa dark chocolatte yang terbukti paling murni dan tidak berbahaya. Selain durian, buah lain yang dapat berbahaya bagi kesehatan pasien asma ialah pepaya. Buah tersebut terkenal memiliki getah yang apabila terhirup oleh penderita asma dapat menyebabkan sesak nafas kambuh.

Kini B’timers tahu kan apa saja makanan penyebab penyebab penyakit asma? Tak hanya menghindari tempat berdebu dan penuh bulu binatang, hindari berbagai makanan yang disebut di atas agar tak terjadi hal-hal yang dinginkan ya! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE