Cara Mencegah Diabetes Turunan Sejak Usia Dini | Breaktime
Bisakah Diabetes Turunan pada Anak Dicegah Sejak Dini?
11.07.2015
Dok, suami saya merupakan pengidap diabetes. Saya khawatir anak saya juga akan menderita diabetes saat dewasa nanti. Adakah cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko diabetes tersebut?





Vera Setyawati (28), Bandung

Mbak Vera, kekhawatiran seperti ini sangat lazim dialami oleh sebagian besar orang tua yang menderita diabetes. Tapi perlu dilihat juga jenis penyakit diabetes yang diderita oleh suami Anda. Diabetes sendiri terbagi menjadi dua macam, yakni diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Untuk diabetes tipe 1, memang lebih sulit dicegah karena dipicu oleh faktor genetik atau keturunan. Sedangkan diabetes tipe 2, bisa dicegah dengan memperhatikan pola makan dan gaya hidup.

Mengajak anak aktif bergerak bisa mengurangi resiko diabetes
Mengajak anak aktif bergerak bisa mengurangi resiko diabetes

Nah, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk menghindarkan si Kecil dari resiko diabetes tipe 2:

  • Memastikan pola makan sehat untuk anak

Sediakan makanan rendah lemak dan kaya nutrisi untuk anak. Bisa dengan makanan seperti roti dan sereal gandum, buah, sayur, susu dan olahannya serta protein tanpa lemak. Ini bisa mencegah berat badan anak naik drastis dan mengurangi resiko diabetes tipe 2.

  • Kurangi makanan dan minuman yang mengandung gula

Mengonsumsi banyak makanan dan minuman manis seperti soda, jus dan es teh juga bisa memicu berat badan naik dengan drastis. Karena itulah, kurangi konsumsi gula pada anak untuk menurunkan resiko diabetes.

  • Membiasakan anak untuk melakukan aktivitas fisik

Aktif bergerak dan mengurangi kegiatan terlalu banyak duduk seperti menonton TV dan bermain video games di depan komputer juga dapat menurunkan resiko berat badan bertambah pada anak. Ajak anak untuk aktif bermain di luar atau berolahraga bersama.

Hal ini akan lebih mudah diterapkan pada anak kalau Anda dan suami juga melakukan pola hidup sehat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Share This Article