Tips Biar Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas! | Breaktime
Biar Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas, Ini Tipsnya
13.05.2016

B’timers pasti pernah terbangun di tengah malam, lalu terasa sulit untuk mencoba kembali tidur. Meski banyak orang yang mengalami sulit tidur, sebenarnya tidur yang baik dan nyenyak itu tidak sulit didapatkan, kok. Dengan tidur yang nyenyak, Anda akan merasa segar setiap kali bangun di pagi hari dan semangat menjalankan aktivitas. Nah, agar tidur lebih nyenyak dan berkualitas, Anda bisa melakukan cara-cara ini :

Hindari kafein, alkohol dan minuman lain sebelum tidur

Kafein adalah stimulan yang dapat membantu Anda untuk tetap terjaga. Jadi, hindari segala macam minuman yang berkafein, seperti kopi, teh, cokelat, cola, empat hingga enam jam sebelum tidur.

Ubah suasana kamar agar bernuansa “tidur”

Ruang yang hening, gelap dan sejuk dapat membantu Anda tidur lebih baik, lho. Anda bisa memakai masker penutup mata, mematikan lampu kamar, menjaga suhu kamar agar tetap sejuk, serta memakai bantal dan guling yang nyaman. Jangan lupa selimutnya, ya.

Lakukan ritual sebelum tidur

Anda juga bisa membiasakan melakukan ritual sebelum tidur, seperti membaca buku, menonton televisi atau melakukan gerakan yoga ringan untuk relaksasi. Padatnya aktivitas juga bisa menyebabkan stres dan susah tidur, untuk itu rilekskan pikiran sebelum Anda memejamkan mata.

Tips Biar Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas! | Breaktime
Membaca dapat menjadi kegiatan relaksasi sebelum tidur

Pergi tidur hanya saat benar-benar lelah

Berusaha keras untuk tidur hanya akan membuat Anda frustrasi sendiri. Jika Anda tidak tertidur 20 menit setelah memejamkan mata, sebaiknya tinggalkan tempat tidur Anda. Lakukan relaksasi dengan mendengarkan musik atau membaca hingga Anda merasa lelah dan mengantuk. Ini akan membuat tidur lebih nyenyak.

Tidur dan bangun di jam yang sama

Pergi tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari dapat membantu menetapkan “jam internal” tubuh. Dengan begini, Anda akan mendapatkan tidur yang berkualitas. Selain itu, tetaplah komitmen dengan jam tidur ini meski saat weekend, agar di hari senin pagi Anda tidak mengantuk dan lemas karena kurang tidur.

Minum air yang cukup

Mendapatkan asupan cairan yang cukup pada malam hari akan menyelamatkan Anda dari dehidrasi saat bangun pagi. Namun, sebaiknya jangan minum terlalu banyak air karena bisa-bisa itu justru akan membuat Anda terbangun di malam harinya karena ingin buang air kecil.

Nah, selain tips-tips agar tidur lebih nyenyak di atas, B’timers juga bisa rutin olahraga setiap pagi, untuk menstimulasi tubuh agar mengeluarkan hormon kortisol, yang dapat membuat otak terus terjaga. Selain itu, olahraga setiap hari akan membuat tubuh jadi lebih sehat, kan? (md)

Share This Article