Olahraga yang Sangat Efektif Menurukan Berat Badan | Breaktime
Berlari dan Bersepeda, Manakah yang Membakar Kalori Lebih Banyak?
09.08.2015

Lari merupakan salah satu olahraga yang paling banyak dilakukan karena sangat praktis dan tak membutuhkan banyak biaya. Selain lari, bersepeda juga sangat disukai karena mudah dilakukan dan bisa sekaligus menjadi ajang refreshing. Tapi saat dihubungkan dengan efektivitasnya dalam membakar kalori, mana ya olahraga yang lebih pas dipilih? Simak ulasan berikut:

Berlari

Track olahraga lari lebih mudah dicari
Track olahraga lari lebih mudah dicari

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Harvard Health Publications, jika seseorang dengan bobot 70 kilogram berlari selama 30 menit dengan kecepatan 10 mph, maka ia dapat membakar kurang hingga 614 kalori.

Bersepeda

Bersepeda membutuhkan perlengkapan yang lebih banyak
Bersepeda membutuhkan perlengkapan yang lebih banyak

Masih berdasarkan penelitian dari Harvard Health Publications, seseorang dengan bobot 70 kilogram yang bersepeda selama 30 menit dengan kecepatan kayuhan 20 mph, bisa membakar 465 kalori dalam tubuhnya. Hmm, cukup sedikit ya, jika dibandingkan dengan olahraga lari?

Meski lebih sedikit membakar kalori, namun bersepeda memiliki manfaat lain yang tak bisa diremehkan. Dengan bersepeda, maka otot paha depan, perut, dan  punggung akan terbentuk. Sedangkan saat berlari, hanya otot betis saja yang mengalami perubahan.

Selain itu, bersepeda juga lebih minim risiko cedera karena tekanan pada otot betis tak terlalu besar. Sedangkan pada olahraga lari, otot betis akan mengalami tekanan yang sangat besar karena menjadi penopang berat badan.

Jadi, manakah yang harus dipilih? Jika B’timers hanya ingin menurunkan berat badan saja, maka berlari adalah jawabannya. Tapi jika ingin membentuk tubuh sekaligus membakar kalori, maka bersepeda lebih tepat dilakukan. Selamat berolahraga!

Share This Article