Sudah Berkenalan dengan Indeks Glikemik? Ini Manfaatnya | Breaktime
Berkenalan Lebih Jauh dengan Indeks Glikemik
18.08.2015

Indeks glikemik (Glycemix Index) merupakan angka atau nilai untuk mengukur bagaimana makanan berkarbohidrat dapat meningkatkan glukosa darah. Pada dasarnya, yang dihitung bukanlah jumlah karbohidrat, tapi jenis karbohidrat yang terkandung dalam makanan.

Makanan dengan indeks glikemik tinggi adalah makanan yang cepat dicerna dan diserap sehingga kadar gula darah akan meningkat dengan cepat dan signifikan. Sedangkan makanan dengan indeks glikemik rendah akan dicerna dengan lambat, sehingga peningkatan kadar glukosa dalam darah akan terjadi perlahan.

Manfaat Indeks Glikemik

Indeks glikemik, memiliki peran penting bagi tubuh. Misalnya ketika kadar gula darah Anda rendah, Anda bisa memilih makanan dengan indeks glikemik tinggi, sehingga kadar gula darah akan meningkat dengan cepat. Selain itu, indeks glikemik juga memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan, yaitu:

  • Sebagai acuan diet

Bagi Anda yang sedang diet, pilihlah makanan dengan indeks glikemik rendah. Makanan dengan indeks glikemik rendah memiliki kandungan serat tinggi dan karbohidrat kompleks, sehingga membuat rasa kenyang bertahan lama.

Indeks Glikemik akan membantu diet Anda
Indeks Glikemik akan membantu diet Anda
  • Mencegah kanker

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition memaparkan hubungan antara makanan tinggi indeks glikemik dengan risiko kanker, seperti kanker kolorektal, payudara, ovarium dan prostat. Penelitian tersebut didukung oleh fakta bahwa sel kanker ‘mendapatkan’ makanan dari gula. Melalui bukunya yang berjudul New Diet Revolution, Dr Atkins juga mengungkapkan bahwa penderita kanker payudara memiliki tingkat kesembuhan tinggi jika kadar insulin tubuh mereka lebih rendah.

  • Mencegah dan menjaga diabetes

Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Selain itu, penderita diabetes juga disarankan untuk diet rendah indeks glikemik dan mewaspadai makanan berlemak.

Indeks Glikemik bantu Anda tentukan makanan
Indeks Glikemik bantu Anda tentukan makanan
  • Penyakit jantung

Tak hanya diabetes dan kanker, dalam jurnal tersebut juga disebutkan bahwa kolesterol tubuh akan mempengaruhi risiko penyakit jantung. Dengan diet rendah indek glikemik selama satu bulan, kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh akan berkurang. 
Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahu kadar glikemik dari setiap makanan yang B’timers konsumsi.

Share This Article