Berkenalan Dengan Trimester, Tahap-Tahap Ajaib Selama Hamil | Breaktime
Berkenalan Dengan Trimester, Tahap-Tahap Ajaib Selama Hamil
14.06.2015

Bagi seorang wanita, kehamilan adalah perubahan fisik terbesar yang pernah ia alami sepanjang hidupnya. Tak heran bila dalam keadaan ini B’timers akan sangat penasaran seputar apa saja yang sebenarnya terjadi selama masa kehamilan.
Kali ini Breaktime akan secara khusus menjawab rasa penasaran Anda tentang tahapan apa saja yang terjadi selama masa kehamilan:

Trimester Pertama

Tiga belas minggu pertama masa kehamilan disebut dengan trimester pertama. Pada fase ini, kebanyakan wanita di minggu pertama tidak menyadari kalau dirinya sedang hamil. Namun, Anda bisa mulai mencurigai kehamilan bila haid tak datang sesuai jadwal. 
Namun, janin di dalam tubuhnya sudah punya bekal genetic 46 jenis kromosom dan embrio membutuhkan oksigen dari ibu. Kemudian, pada minggu ke-12 kehamilan, bayi sudah terbentuk dengan baik dan terlihat seperti manusia mini. Kepalanya akan terlihat lebih besar dari anggota tubuh lain.

Trimester Kedua

Rutinlah melakukan pemeriksaan kehamilan dengan dokter kandungan
Rutinlah melakukan pemeriksaan kehamilan dengan dokter kandungan

Di trimester kedua, terjadi fokus pembentukan organ tubuh penting dan perkembangan sistem saraf. Di fase ini, sejumlah wanita juga sudah mulai merasakan pergerakan bayi. Anda juga akan merasa lebih berenergi dan merasa lebih nyaman dari fase sebelumnya.

Trimester Ketiga

Pada fase ini, bayi mulai memiliki pola istirahat dan aktivitas. Tak hanya itu, bayi juga akan mulai sering mengubah posisinya dan menendang guna menemukan posisi paling nyaman di uterus. Otak bayi, sistem saraf, dan paru-parunya juga akan aktif berkembang.
Ternyata ada banyak hal ajaib yang terjadi di dalam rahim Anda selama proses kehamilan, bukan? Oleh sebab itu, kini B’timers pun harus lebih berhati-hati dalam menjaga sosok kecil bernyawa yang sedang bergantung pada Anda di dalam perut sana, ya!

Share This Article