Langkah - Langkah Berhenti Merokok Secara Total | Breaktime
Berhenti Merokok Secara Total? Bisa, Kok! Ini Tipsnya
13.07.2015
“You’re always better off if you quit smoking; it’s never too late.” – Loni Anderson

Bukankah menghisap rokok sudah seperti candu bagi para perokok berat? Nah, itulah yang membuat seseorang sangat sulit berhenti dari kebiasaan merokok, B’timers. Kandungan nikotin dalam rokok menciptakan “perasaan senang” yang benar-benar bikin kecanduan. Padahal, bahaya kesehatan yang mengintai tidak main-main.

Di Indonesia sendiri, bukankah sudah tertera slogan yang mengatakan rokok dapat membunuh? Rokok diklaim dapat memicu serangan jantung, gangguan paru-paru, bahkan dapat mengganggu janin ibu hamil. Well, notice that you must quit smoking or make people around you stop smoking, right now. Sulit, tapi bisa dilakukan, kok.

B’timers bisa mulai menghentikan kebiasaan merokok dengan langkah START, yaitu:

S = Set a quit date

Tentukan tanggal dalam dua minggu ke depan, jadi Anda punya cukup waktu untuk persiapan berhenti merokok, khususnya motivasi diri. Jika biasanya Anda merokok pada hari kerja, berhentilah saat weekend, jadi ada beberapa hari untuk mulai membiasakan diri.

T = Tell family, friends, and co-workers that you plan to quit

Beritahu teman dan keluarga tentang rencana Anda untuk berhenti merokok. Sampaikan saja bahwa Anda membutuhkan dukungan dan motivasi dari mereka untuk meninggalkan kebiasaan merokok. Bersama, Anda dan orang-orang terdekat bisa saling membantu.

Orang-orang terdekat juga ikut berperan penting
Orang-orang terdekat juga ikut berperan penting

A = Anticipate and plan for the challenges you’ll face while quitting

Kebanyakan orang yang berhenti merokok akan mulai merokok lagi setelah 3 bulan pertama. Cegah dengan mempersiapkan diri untuk tantangan semacam ini ke depannya. Anda bisa mulai membiasakan hidup tanpa nikotin dan menahan diri dari merokok.

R = Remove cigarettes and other tobacco products from your home, car, and work

Buang semua rokok Anda, jangan sisakan satu batang pun termasuk yang biasanya Anda sediakan untuk emergency. Singkirkan juga pemantik api, asbak dan korek api. Cuci pakaian Anda, bersihkan dan segarkan apapun yang berbau asap rokok. Cucilah mobil, tirai dan karpet Anda, uapi juga perabotan Anda.

Buang jauh-jauh rokok dan apapun yang berhubungan dengannya
Buang jauh-jauh rokok dan apapun yang berhubungan dengannya

T = Talk to your doctor about getting help to quit

Dokter Anda bisa meresepkan obat serta memberikan alternatif untuk Anda. Jika tak sempat pergi ke dokter, Anda bisa mendapatkan produk serupa seperti nicotine patch, nicotine lozenges dan nicotine gum di toko obat atau apotek terdekat untuk membantu Anda berhenti merokok.

Merokok memang menjadi momok, namun tak berarti Anda tak bisa berhenti. Kenapa harus membuang uang demi rokok yang perlahan membunuh? Berhentilah merokok, hidup lebih hemat dan sehat sekarang juga, B’timers!

Share This Article