Benarkan Tidur Berkualitas Bikin Panjang Umur? | Breaktime
Benarkan Tidur Berkualitas Bikin Panjang Umur?
08.05.2016

Selain makan, tidur adalah kebutuhan pokok yang sama sekali tak boleh terlewatkan oleh manusia. Tidur membuat Anda lebih sehat dan mengembalikan tenaga yang hilang setelah lelah beraktivitas. Lebih dari itu, sebuah studi telah membuktikan bahwa tidur tidak hanya mengembalikan tenaga namun juga memperpanjang umur. Benarkah?

Sebuah riset yang meneliti hampir 16.000 orang Cina dewasa dengan usia 65 tahun lebih, telah menemukan bahwa mereka yang rutin menikmati tidur malam berkualitas dapat menikmati kesehatan yang lebih baik dan panjang umur. Penelitian serupa juga dilakukan oleh peneliti dari Portland State University di Oregon yang menganalisis 2.005 data dari Chinese Longitudinal Healthy Longevity Survey untuk melihat faktor-faktor yang berhubungan dengan tidur di antara orang dewasa.

Benarkan Tidur Berkualitas Bikin Panjang Umur? | Breaktime
Kelelahan dan kurang istirahat menjadi pemicu penyakit

Ternyata, mereka menemukan bahwa orang-orang yang berusia di atas 80 tahun lebih mungkin untuk memiliki kualitas tidur yang tinggi dibandingkan dengan orang dewasa usia 65 tahun hingga 79 tahun. Pria yang tinggal di daerah pedesaan dengan status sosial dan ekonomi yang lebih tinggi serta kondisi kesehatan yang baik, semua itu berkaitan dengan tidur yang berkualitas.

Orang di masa lalu berumur panjang karena tidur berkualitas

B’timers tentu pernah melihat orang-orang tua yang masih hidup di saat ini di usia yang lebih dari 100 tahun. Nah, penelitian tertentu juga mewancarai orang tersebut dan ditanyai seputar gaya hidup yang dilakukannya selama ini. Tentu saja, peneliti berfokus pada pertanyaan seputar kualitas tidur. Hasilnya, seperti yang telah dibuktikan pada riset, orang-orang berumur panjang tersebut dilaporkan memiliki tidur yang berkualitas dan waktu istirahat yang cukup.

Benarkan Tidur Berkualitas Bikin Panjang Umur? | Breaktime
Tidur malam selama 8 jam membuat pagi lebih segar

Seperti apa tidur yang berkualitas?

Seperti teori yang diketahui publik selama ini, tidur yang baik idealnya selama 8 jam di malam hari. Namun kuantitas saja belum menjamin tidur Anda berkualitas, lho. Apalagi jika di sela tidur Anda masih terbangun untuk kencing atau haus. Nah, untuk mendapatkan tidur yang benar-benar berkualitas, hendaknya Anda melepas semua beban sebelum beranjak menutup mata.

Tidak membawa masalah ke tempat tidur dan tidak berpikir negative adalah salah satu upaya untuk mendapatkan tidur yang lebih baik. Kesimpulannya, jika Anda ingin memiliki umur panjang, terapkan pola hidup dan makan yang sehat ya, B’timers! (nap)

Share This Article