Benarkan di Kamboja Ada “Ikan Besi” yang Bisa Atasi Anemia? | Breaktime
Benarkan di Kamboja Ada “Ikan Besi” yang Bisa Atasi Anemia?
27.05.2015

Baru-baru ini masyarakat internasional digemparkan dengan keberadaan ikan terbuat dari besi yang kini mulai digemari warga Kamboja untuk melawan penyakit anemia yang jamak terjadi. Bagaimana mungkin hal ini bisa terjadi ya, B’timers?

Ikan “ajaib” ini pertama dibuat oleh seorang lulusan sains Kanada bernama Christopher Charles yang pernah mendatangi Kamboja enam tahun yang lalu. Saat itu Charles prihatin dengan tingginya masalah anemia yang sedang melanda Kamboja.

Solusi yang biasa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan pil yang mengandung zat besi. Sayangnya, harga pil zat besi seringkali tak terjangkau oleh masyarakat setempat. Belum lagi efek samping yang ditimbulkan oleh pil ini menjadikan masyarakat Kamboja, khususnya Kendal menjadi lebih apatis.

Charles pun pada akhirnya terinspirasi dengan studi yang dilakukan oleh Y.J Cheng dan H.C Brittin yang dimuat dalam Journal of Food Science tahun 1991 yang menyatakan bahwa memasak dalam kuali berbahan besi akan meningkatkan kadar besi dalam masakan yang dipercaya mampu melawan penyakit anemia secara efektif.

Ikan besi unik yang digemari warga Kamboja
Ikan besi unik yang digemari warga Kamboja

Temuan yang diperoleh oleh Cheng dan Brittin pada 100 gr saus spaghetti yang diolah dalam kuali berbahan besi ternyata memang mengandung 2 mg zat besi sedangkan 100 gr apple sauce mampu menghasilkan 6 mg zat besi.

Akhirnya, Charles pun terinspirasi untuk membuat besi dengan bentuk ikan yang dirancang untuk melepaskan kandungan kadar besi dalam masakan dengan kadar tepat. Bentuknya yang familiar dengan makanan sehari-hari masyarakat Kamboja menjadikan benda temuan Charles ini tak butuh lama untuk diterima masyarakat setempat.

Kandungan zat besi ikan ini akan semakin maksimal bila makanan yang diolah bersifat asam applesauce, cabai, dan saus tomat. Sedangkan untuk makanan seperti beras atau kacang hijau tidak akan terlalu efektif untuk memancing zat besi pada “ikan” ajaib ini secara maksimal.

Nah, apakah B’timers termasuk penderita anemia yang juga tertarik untuk memasukkan “ikan” ajaib ini ke dalam setiap menu olahan di rumah untuk mendapatkan asupan zat besi?

Share This Article