Benarkah Yoga Bisa Menyembuhkan Mata Minus? | Breaktime
Benarkah Yoga Bisa Menyembuhkan Mata Minus?
24.08.2015

Ketika mata tidak dapat melihat sebuah obyek yang berada di kejauhan dengan jelas, maka hal tersebut sudah masuk dalam kategori rabun jauh atau miopi (myopia).

Miopi terjadi karena adanya kerusakan refraktif mata dan membuat visualisasi obyek serta cahaya yang diterima retina tidak dapat diproyeksikan secara sempurna sehingga membuat gambaran obyek tersebut menjadi buram.

Mungkin B’timers akan bertanya-tanya, apa sajakah penyebab dari miopi tersebut? Miopi disebabkan beberapa hal, antara lain;

  • Membaca sambil tidur
  • Membaca di tempat yang kurang cahaya
  • Membaca terlalu lama
  • Jarang mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A
  • Terlalu lama berada di depan layar komputer
  • Menonton TV terlalu dekat
  • Bermain game dengan layar TV besar

Beragam cara dilakukan untuk mengembalikan kondisi mata atau menyembuhkan miopi. Mulai dari terapi sampai dengan pengonsumsian obat-obatan khusus. Namun tahukah B’timers, bahwa miopi juga dapat disembuhkan dengan yoga?

Dalam hal ini, tentunya yoga yang dimaksud tidak sama seperti gerakan yoga untuk tubuh, karena aktivitas yang dilakukan adalah lebih banyak menggunakan mata. Berikut ini adalah beberapa cara yoga untuk obati mata minus:

Gerakan atas-bawah

Fungsi gerakan ini untuk melatih ketajaman penglihatan
Fungsi gerakan ini untuk melatih ketajaman penglihatan
  • Duduk di kursi atau lantai dengan kaki selonjor.
  • Atur agar badan dan kepala dapat tegak berdiri.
  • Atur pandangan untuk tetap pada obyek yang di tempatkan di depan dengan kepala masih dalam posisi tegak lurus.
  • Tarik dan hembuskan napas secara teratur dan perlahan arahkan pandangan ke atas. Kepala tetap lurus dan kembalikan pandangan ke obyek.
  • Tarik dan hembuskan napas secara teratur dan perlahan arahkan pandangan ke bawah. Kepala tetap lurus dan kembalikan pandangan ke obyek.

Rotasi mata

Fungsi gerakan ini untuk melatih pergerakan bola mata dan bagus bagi penderita miopi
Fungsi gerakan ini untuk melatih pergerakan bola mata dan bagus bagi penderita miopi
  • Duduk dengan posisi Padmasana atau Sukhasana.
  • Tegakkan badan dan kepala.
  • Renggangkan lengan, atur jari-jari tangan dalam posisi menggenggam dengan ibu jari menghadap atas seperti posisi Lingam mudra. Fokuskan pandangan pada ibu jari.
  • Bawa salah satu tangan sejajar dengan alis dan gerakkan tangan ke kanan dan ke kiri. Mata mengikuti gerakan tangan dengan kepala tetap tegak lurus.
  • Atur napas dan ulangi dengan tangan satunya, kemudian setelah 10 kali gerakan, tutup mata selama 10 detik untuk istirahat dan ulangi kembali gerakan tersebut.

Palming

Aura hangat dari kedua telapak tangan dapat membantu mata rileks
Aura hangat dari kedua telapak tangan dapat membantu mata rileks
  • Duduk senyaman mungkin dengan posisi badan dan kepala tetap tegak.
  • Gosok kedua telapak tangan sampai merasakan hawa panas yang keluar dari keduanya.
  • Tempelkan kedua telapak tangan tersebut untuk menutup mata dan rasakan sensasi panasnya menyebar ke dalam mata.

Trataka (meditasi)

Disarankan untuk melakukannya di ruangan yang minim penerangan untuk melatih kepekaan dan fokus mata
Disarankan untuk melakukannya di ruangan yang minim penerangan untuk melatih kepekaan dan fokus mata
  • Duduk senyaman mungkin dengan posisi seperti melakukan gerakan Padmasana, Vajrasana atau Sukhasana. Bagi yang menderita sakit punggung, dapat duduk dengan bersandar di tembok.
  • Menyalakan lilin dan menempatkannya agak jauh sekitar dua kaki dari tempat B’timers duduk.
  • Atur pernapasan dan tatap lilin tanpa berkedip selama yang Anda bisa atau hitung sampai dengan 50, kemudian alihkan pandangan ke tempat lain.
  • Ulangi dengan durasi bertambah.

Selain melakukan yoga untuk mata ini, tentu saja ada baiknya jika B’timers mengimbangi dengan konsumsi makanan tinggi vitamin A. Selamat mencoba!

Share This Article