Benarkah Rajin Meditasi Bantu Raih Rasa Bahagia? | Breaktime
Benarkah Rajin Meditasi Bantu Raih Rasa Bahagia?
08.02.2016

Meditasi mungkin sudah bukan hal yang asing lagi bagi B’timers yang rajin melakukan olahraga yoga. Dalam yoga, meditasi adalah bagian yang mendominasi dan wajib untuk dilakukan. Pertanyaannya, mengapa meditasi termasuk ke dalam kategori olahraga padahal lebih cenderung dan sesuai dengan aktivitas mind relaxation?
Ternyata, meditasi juga memiliki manfaat menyehatkan seperti halnya olahraga. Bahkan, meditasi memiliki efek positif yang jauh lebih baik daripada sekedar olahraga fisik. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, meditasi terkenal sebagai pengendali pikiran terbaik dan paling banyak dilakukan orang di seluruh dunia.

Benarkah Rajin Meditasi Bantu Raih Rasa Bahagia? | Breaktime
Meditasi bermanfaat untuk tubuh dan pikiran

Meditasi menstimulus seluruh jaringan dalam tubuh untuk lebih santai, hangat dan lembut. Itulah kenapa orang yang rajin meditasi memiliki jiwa dan pembawaan tenang dan kalem. Manfaat lainnya, meditasi juga membantu menurunkan tekanan darah agar lebih stabil. Sedangkan untuk pikiran, meditasi membuka pikiran lebih luas, inklusif dan tenang.

Apa hubungan meditasi dengan kebahagiaan?

Meditasi yang berpengaruh pada kesehatan pikiran tentu berhubungan kuat dengan timbulnya rasa bahagia. Ratusan penelitian yang dilakukan selama 25 tahun terakhir tentang fisiologi meditasi menemukan jawabannya. Ketika meditasi, tekanan apapun yang dianggap tidak normal yang dirasakan tubuh dan pikiran akan menurun dan menuju titik wajar.

Benarkah Rajin Meditasi Bantu Raih Rasa Bahagia? | Breaktime
Rajin meditasi membuat Anda mudah bahagia

Perubahan yang berjalan secara halus pada otak, sistem saraf, perbaikan hormon dan tekanan darah juga mempengaruhi kesehatan psikologis. Benar, ini akan membantu Anda yang rajin meditasi terhindar dari rasa stress yang berlebihan. Sedangkan seperti yang diketahui, stress adalah penghambat terbesar Anda dalam merasakan kebahagiaan.
Bahagia adalah pilihan. Begitu kata banyak orang. Namun bahagia juga bisa dibentuk dan datang menuju Anda tanpa dicari. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tentu saja dengan rajin melakukan meditasi. Relaksasi ini akan membentuk pribadi Anda menjadi lebih santai, tenang, tidak gegabah dalam menghadapi apapun dan terbuka dalam menerima rasa bahagia.
Ketenangan jiwa dan minimnya rasa stress adalah kunci terpenting untuk menempatkan diri dalam kebahagiaan. Jadi, jika ingin sehat dan bahagia, melakukan meditasi adalah pilihan tepat dan terbaik kan, B’timers? (nap)

Share This Article